Momen Mutiara Hitam pamer kekuatan

Rabu, 02 Oktober 2013 - 14:41 WIB
Momen Mutiara Hitam pamer kekuatan
Momen Mutiara Hitam pamer kekuatan
A A A
Sindonews.com - Misi penting diusung Persipura Jayapura saat menjajal Santos U-23 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis malam. Salah satunya, sebagai ajang uji coba sebelum berlaga di Piala AFC 2014.

Berkesempatan berujicoba dengan Santos walau hanya tim U-23, tentu saja pengalaman yang belum tentu bisa didapat kembali oleh Boaz Solossa dkk. Seperti diketahui bersama jika Santastico, salah satu julukan Santos, adalah salah satu klub sarat sejarah di Brasil. Nama-nama tenar memang sempat dilahirkan Santos seperti salah satu legenda sepak bola Brasil seperti Pele.

Brasil dan juga Santos sendiri memang sangat dekat dengan juru taktik Persipura, Jacksen F Tiago. Pelatih yang berhasil mengantar Persipura keluar sebagai tiga kali juara kompetisi Indonesia Super League (ISL) tersebut, juga berasal dari negeri sepak bola tersebut. Untuk itu, Jacksen berharap bisa memperkenalkan Persipura kepada publik sepak bola di Brasil.

"Tentu saja ini menjadi pertandingan yang sangat bersejarah bagi saya khususnya. Karena seperti diketahui, saya juga berasal dari Brasil. Untuk itulah, saya sangat berharap masyarakat Brasil bisa mengenal nama Persipura. Dan juga, bisa mengenal putra-putra Papua sebagai pemain yang berkualitas di level Asia," ungkap Jacksen.

Tidak hanya mengenalkan Persipura kepada sepak bola Brasil, misi lain yang akan di bawa saat berujicoba dengan Santos U-23 adalah sebagai persiapan jelang berlaga di Piala AFC 2014. Seperti yang sempat disampaikan manajer Persipura, Rudi Maswi, sebelumnya, tim Mutiara Hitam, memang menargetkan bisa keluar sebagai juara di ajang terbesut.

Target tersebut memang tidak akan mudah terealisasi. Dimana sampai saat ini, klub-klub Indonesia hanya mampu berlaga sampai babak perempat final saja. Dan Persipura, juga menjadi salah satu klub Indonesia yang belum mampu memecahkan mitos tersebut. Di tahun 2011, langkah Persipura tertahan dibabak perempat final, setelah kalah bersaing dengan klub asal Irak, Arbil FC.

"Ini semua adalah bagian dari persiapan Persipura untuk menatap persaingan di kompetisi Piala AFC musim mendatang. Karena setelah ini, kami juga akan berusaha untuk melakukan partai ujicoba- ujicoba lainnya yang juga bertaraf internasinal. Itu menjadi penting, karena target kami adalah keluar sebagai juara," papar Jacksen, yang juga mantan pemain dan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

Walaupun akan tampil serius dengan kekuatan penuh, Jacksen juga mengakui belum mengetahui secara pasti seperti apa kekuatan Santos U-23. Pelatih kelahiran Rio de Janeiro tersebut menyampaikan, jika dirinya lebih mengenal bagaimana kekuatan tim senior Santos. Setelah sempat menyaksikan tim besutan Claudinei Oliveira bertanding secara langsung.

"Walaupun kami akan berhadapan dengan Santos U-23, kami tetap menurunkan tim utama Persipura. Tapi jujur saja, sebenarnya saya lebih tahu tim utama Santos, dari pada tim muda Santos yang akan kami hadapi dalam pertandingan persahatan nanti," papar Jacksen, yang juga berstatus pelatih kepala tim nasional (timnas) senior Indonesia tersebut.
Perakiran Susunan Pemain ;

Persipura Jayapura (4-4-2) ;

Yoo Jae Hoon; Bio Pauline, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Ricardo Salampessy; Yustinus Pae, Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Gerad Pangkali; Boaz Solossa, Ricky Kayame

Pelatih ; Jacksen F Tiago
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5836 seconds (0.1#10.140)