DC United, tes awal Suharno

Minggu, 01 Desember 2013 - 18:20 WIB
DC United, tes awal Suharno
DC United, tes awal Suharno
A A A
Sindonews.com --Supporter Aremania tak perlu menunggu lama untuk mengetahui bagaimana kepiawaian pelatih anyar Arema Cronous Suharno. Sebab pada 8 Desember mendatang, Arema bakal kedatangan klub Major League Soccer (MLS) yakni DC United dalam rangka pertandingan pra musim.

Arema bakal berstatus sebagai tuan rumah karena laga dihelat di Stadion Kanjuruhan. Laga tersebut bakal menjadi laga pertama bagi Suharno menghadapi klub dengan level lebih baik. Walau bertajuk ujicoba pra musim, Aremania jelas menginginkan timnya menunjukkan siapa pemilik Malang sesungguhnya.

Acuannya jelas, dari beberapa ujicoba lawan klub luar negeri, Singo Edan belum terpatahkan di kandang sendiri. Loyola Meralco Sparks asal Filipina, South Coast Mariners dan Eintracht Frankfurt II telah menjadi korban keganasan sang singa beberapa waktu lalu. Sudah jelas ini menjadi ujian bagi Suharno.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Arema menggantikan Rahmad Darmawan pekan lalu, Suharno baru menjalani satu ujicoba menghadapi klub lokal UMM pada Sabtu (30/11). Arema belum menunjukkan performa terbaik dan hanya menang dengan lima gol kontra klub yang berlevel jauh di bawahnya.

Dibandingkan dengan tiga lawan dari luar Indonesia sebelumnya, DC United memiliki kelas lebih baik. Arema harus bermain jauh lebih baik, terutama dalam mengoptimalkan pemain anyar seperti Samsul Arif, Ahmad Bustomi, serta Arif Suyono. Walau beberapa nama baru adalah muka lama, tetap harus beradaptasi dengan strategi Suharno.

"Dalam Desember ini ada banyak pertandingan ujicoba yang penting bagi program pra musim. Ada DC United, Serawak FA, Sabah FA, serta mungkin Piala Gubernur Jatim. Tentu saya menginginkan hasil optimal di semua pertandingan walau skor bukan sebuah prioritas terpenting," jelas Suharno, dihubungi Minggu (1/12).

Pelatih yang didepak Persegres Gresik United musim lalu ini sangat paham supporter langsung menginginkan hasil positif di semua pertandingan. Tapi baginya semua tetap harus melalui proses karena pemain harus menyesuaikan konsep tim yang diterapkannya di liga nanti.

Melihat sejumlah pemain anyar yang sudah terlibat di ujicoba kontra UMM, Suharno optimistis pemainnya bisa cepat beradaptasi. "Saya melihat pemain-pemain Arema sekarang sangat istimewa. Selain memiliki skill bagus, mereka juga cerdas dalam mencerna materi latihan," tambahnya.

Klub sekelas DC United menurutnya bakal memberiksn pelajaran berharga untuk Arema yang baru saja menuntaskan bursa transfer. Dia meminta Aremania tak membandingkan kekuatan sekarang dengan saat Menpora Cup lalu, karena ada beberapa pemain anyar yang masih menyesuaikan diri.

Suharno dalam ujicoba kontra UMM menjajal kombinasi pemain lawas dan anyar. Lini tengah yang digalang Ahmad Bustomi cukup menjanjikan, juga pola penyerangan melalui Arif Suyono dan Samsul Arif. Arema tinggal menunggu bagaimana peran pemain asing anyar Gustavo Lopez yang belum datang ke Malang.

DC United, sebelum menghadapi Singo Edan rencananya juga berjibaku menghadapi Persib Bandung pada 6 Desember. Diperkirakan pada 4 Desember atau tengah pekan ini klub yang sahamnya dikuasai pengusaha Indonesis Eric Thohir menginjakkan kakinya di Jakarta.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6797 seconds (0.1#10.140)