Kerja sama Persib-DC United terhalang ranking FIFA

Selasa, 03 Desember 2013 - 13:47 WIB
Kerja sama Persib-DC...
Kerja sama Persib-DC United terhalang ranking FIFA
A A A
Sindonews.com - Laga persahabatan internasional antara Persib Bandung melawan DC United belum berefek pada sektor kerja sama lainnya. Hingga saat ini, hubungan kedua tim baru sebatas menggelar pertandingan uji coba yang akan dilaksanakan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (6/12).
Ketua Panitia Penyelenggara (Panpel) Pertandingan Persib, Dadang Danubrata, mengatakan, Kedatangan tim asal Amerika Serikat itu ke Indonesia untuk menjajal Pangeran Biru pun, semata karena terdapat sosok petinggi yang sama di dalam tubuh kedua klub, Erick Thohir. Pengusaha yang baru membeli klub Italia, Inter Milan, itu berstatus pemilik DC United, sekaligus merupakan salah satu petinggi Persib Bandung.

''Baru pertandingan persahabatan saja. Belum ada kabar atau itikad apa pun untuk melanjutkan kerja sama Persib dengan DC United ke hal-hal di luar pertandingan nanti,” ucap Dadang.

Nada serupa dikatakan Direktur Marketing dan Pemasaran PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), M Farhan. Dia mengakui, kerja sama dengan klub luar negeri sudah menjadi rencana tim kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat ini. Namun hingga sekarang, Persib belum memperoleh tandem yang pas untuk melancarkan program tersebut.

Selain pertandingan persahabatan, kerja sama dengan klub luar bisa menyentuh sektor pembinaan, penitipan pemain, studi banding manajemen, hingga pengelolaan suporter.

''Kerja sama jangka panjang dengan klub lain memang bagus untuk Persib, itu juga sudah ada dalam wacana kami. Namun belum sampai di sana jika berbicara DC United. Kemungkinannya saya rasa kecil,” tutur Farhan.

Pria yang juga berprofesi sebagai presenter ini mengatakan, hal tersulit untuk menjalin kerjasama dengan DC United ada pada peringkat kedua negara di ranking FIFA. Pada rilis terbaru yang dikeluarkan FIFA pada Kamis (28/11) di situs resmi www.fifa,com, Amerika Serikat menempati posisi ke-14 dengan total nilai 1019. Peringkat negara Paman Sam itu turun dari bulan sebelumnya yang berada di posisi ke 13 dengan 1040 poin.

Di sisi lain, pada rilis terbarunya FIFA menempatkan Indonesia di peringkat ke-162 dengan total nilai 122. Peringkat Indonesia tidak berubah dari bulan lalu.

''Semuanya berawal dari situ, jomplangnya peringkat. Kalau tidak berbeda jauh, misalkan lima atau sepuluh peringkat saja mah Insya Allah gampang. Sekalipun DC United belum memiliki rencana kerja sama jangka panjang dengan Persib, kami akan lebih mudah dan lebih berani untuk menggagasnya terlebih dahulu,” ucap Farhan.

Dia menyebut, Pangeran Biru pun akan berpikir panjang untuk menerima kerja sama dengan tim luar negeri yang peringkat negaranya jauh di bawah Indonesia. ''Istilahnya, apa yang mau diambil dari mereka,”pungkas Farhan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9846 seconds (0.1#10.140)