50 persen kecelakaan dapat dihindari berkat helm

Selasa, 31 Desember 2013 - 15:21 WIB
50 persen kecelakaan dapat dihindari berkat helm
50 persen kecelakaan dapat dihindari berkat helm
A A A
Sindonews.com - Kecelakaan yang menimpa Michael Schumacher menjadi pelajaran sangat berharga bagi para atlet Ski. Karenanya penggunaan helm sangat penting bagi keselamatan atlet itu sendiri. Hal itu diungkapkan direktur Alpine Ski, Guenter Hujara.

Schumi, tambah Hujara, bisa dikatakan masih diselamatkan oleh helm yang dikenakannya saat bermain Ski di Pegunungan Alpen, Prancis. Sebab, jika ia mengabaikan keselamatannya, bukan tidak mungkin nyawanya hilang ditempat kejadian.

"Tanpa helm, Schumi akan mati. Dalam kasus kecelakaan, 50 persen kasus, cedera serius dapat dihindari berkat helm," ungkap Hujara dilansir Reuters, Selasa (31/12).

Ia menambahkan apa yang dirasakan mantan pilot jet darat Ferrari ini sama seperti atlet ski dari Swiss, Daniel Albrecht dan Johan Grugger dari Rusia. Kendati peristiwa kecelakaan itu cukup parah, namun keduanya masih bisa melanjutkan hidup normal.

Tapi berbeda dengan Schumi, ia justru harus terbaring dalam kondisi koma ketika kepalanya berbenturan dengan batu Minggu (29/12) malam WIB.

"Cedera Schumacher hampir sama seperti yang dialami di musim terakhir oleh Daniel Albrecht-Johan Grugger. Meskipun mereka terluka parah tetapi mereka mampu keluar dari masa-masa kritis dan melanjutkan hidup normal. Sepengetahuan saya setiap Atlet memiliki kekuatan untuk mengatasi masa-masa sulit seperti itu," tambah Hujara.

Saat ini tim medis di RS Grenoble, telah menurunkan suhu tubuh Schumacher sampai 34-35C (93.2-95F) sebagai bagian dari koma. Hal ini dilakukan untuk memperlambat metabolisme dan membantu mengurangi peradangan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7069 seconds (0.1#10.140)
pixels