Jaga motivasi, Suharno isyaratkan rotasi

Rabu, 08 Januari 2014 - 04:20 WIB
Jaga motivasi, Suharno isyaratkan rotasi
Jaga motivasi, Suharno isyaratkan rotasi
A A A
Sindonews.com - Kedatangan klub Bundesliga Hamburger SV (HSV) tak meruntuhkan rekor Arema Cronous di Stadion Kanjuruhan. Bermain imbang 2-2 kontra Rafael van der Vaart dkk, rekor tak terkalahkan di kandang terus berlanjut sejak Mei 2013 kala dikalahkan oleh Persipura Jayapura.
Arema tampil dengan level terbaik menghadapi HSV dan itu membuat pelatih Suharno tersenyum puas. Turnamen Inter Island Cup (IIC) yang mulai bergulir Jumat (10/1) mendatang, dihadapi dengan kepala tegak. Jika bermain seperti itu, maka Arema bakal mudah melaju.

Suharno memggarisbawahi aspek motivasi timnya yang stabil selama pra musim. Termasuk menghadapi HSV, Arema selalu tampil agresif, bertenaga, serta permainan tim yang lumayan matang. Dia meminta pemainnya terus menjaga kondisi ini di IIC maupun kompetisi ISL.

"Saya salut dengan motivasi pemain selama ini. Itu yang kami butuhkan untuk menggapai setiap target. Tim ini sejak semula sepakat menganggap setiap pertandingan sangat penting. Saya meminta jangan sampai motivasi dan semangat pemain kendor sedikit pun," ucap Suharno.

Dia menilai saat ini Singo Edan dalam situasi seperti yang diinginkan. Ada keseimbangan antara permainan di lapangan dengan gairah individu pemain. Dia menyontohkan laga kontra HSV yang mewakili tekad pemain untuk tidak menyerah menghadapi lawan dengan level lebih tinggi.

Laga lawan HSV menurutnya bukan sekadar pertandingan menghadapi klub Bundesliga. Lebih jauh, dia sangat berharap itu menjadi modal untuk melakoni event internasional, yakni AFC Cup. "Kami sudah siap menghadapi tim-tim luar negeri, itu makna lain saat lawan HSV," tambahnya.

Di beberapa pertandingan, tepatnya ketika mengalahkan Persebaya di East Java Tournament 2013, Suharno selalu menurunkan starting line up yang identik. Terutama lini tengah dan depan yang memunculkan nama Ahmad Bustomi, Gustavo Lopez, Juan Revi, Samsul Arif, Beto Goncalves dan Christian Gonzales.

Komposisi tersebut tetap dipertahankan hingga laga kontra HSV. Apakah ini formasi inti Arema untuk ISL nanti? "Saya sebenarnya tak menyebut ada tim inti atau cadangan. Tapi siapa pun yang bermain, dia adalah pemain yang paling siap mencerna strategi di lapangan," tambahnya.

Dia menunjuk saat Arema melakukan rotasi dan keseimbangan tim tetap terjaga. "Itu berarti semua pemain memiliki kemampuan dan motivasi yang sama. Sehingga saya tidak ragu lagi mengubah komposisi tim. Semua pemain bagi saya memiliki peran yang sama," tukasnya.

Pada turnamen IIC nanti tampaknya mau tak mau Suharno bakal kembali melakukan rotasi pemain. Jadwal pertandingan yang ketat tentunya bakal menguras stamina pemain yang sebenarnya sudah sangat sibuk sejak awal Desember 2013. Sedangkan ISL juga tinggal tiga pekan lagi.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7224 seconds (0.1#10.140)
pixels