Sarung tinju bersejarah Ali terjual Rp9,82 M

Senin, 24 Februari 2014 - 08:01 WIB
Sarung tinju bersejarah Ali terjual Rp9,82 M
Sarung tinju bersejarah Ali terjual Rp9,82 M
A A A
Sindonews.com - Sarung tinju bersejarah milik Muhammad Ali akhirnya laku USD836.500 (sekitar Rp9,82 miliar) dalam pelelangan di Heritage Auctions Sports Platinum Night Auction di New York, kemarin (23/2).

Barang tersebut dinilai sangat bersejarah, karena sarung tinju itu digunakan oleh Ali, yang saat itu masih dikenal sebagai Cassius Clay, ketika dia meraih sabuk juara dunia kelas berat pertamanya, dengan menghentikan Sonny Liston di ronde keenam pada 25 Februari 1964.

Duel tersebut, dinilai banyak kalangan sebagai salah satu pertandingan tinju paling bersejarah. Dan majalah Ring Magazine pun menobatkan laga itu sebagai "Fight of the Year" tahun 1964.

Usai pertarungan tersebut, pelatih Ali, Angelo Dundee, menyimpan dengan rapi sarung tinju itu, hingga Dudee meninggal dunia pada Februari 2012. Setelah, 50 tahun tersimpan, akhirnya sarung tinju itu laku sebesar Rp9,82 miliar dalam pelelangan.

“Ini adalah sarung tinju yang pernah dipakai Ali ketika memenangkan gelar pertamanya di kelas berat,” ujar direktur Heritage Auctions Sports Platinum Night Auction, Chris Ivy, sebelum pelelangan, seperti dikutip Daily Star. “Ini menjadi barang bersejarah karena mereka menyimpannya. Mereka tetap dalam koleksi pribadinya sampai dia meninggal dan kemudian dibeli oleh kolektor lain, yang memutuskan untuk menjual itu pada perayaan ulang tahun ke-50 duel tersebut."

Kendati dibeli dengan harga yang cukup tinggi, namun sang kolektor pembeli sarung tinju itu, tetap tak mau namanya diketahui oleh publik.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7409 seconds (0.1#10.140)