Tim F1 peringatkan FIA terkait krisis finansial

Rabu, 16 April 2014 - 10:27 WIB
Tim F1 peringatkan FIA terkait krisis finansial
Tim F1 peringatkan FIA terkait krisis finansial
A A A
Sindonews.com - Tim Formula 1 memperingatkan FIA terkait ancaman krisis finansial yang dialami mereka terkait cost control ataupun isu keuangan yang selama ini membebani tim-tim di F1. Sebelumnya Presiden FIA, Jean Todt mengaku kesulitan untuk menekan biata perhelatan F1 karena ia tidak mempunyai dukungan.

Sperti dilansir Auto Sports, Rabu (16/4) tanpa dukungan dan tidak jelasnya rencana Bernie Ecclestone di musim 2015 nanti, membuat tim F1 cemas. Isu keuangan tim memang menjadi isu utama setidaknya sejak tiga musim terakhir. Bahkan beberapa tim tidak mampu bertahan akibat krisis finansial bahkan dililit hutang. Salah satu contoh adalah Hispania Racing Team yang harus gulung tikar di penghujung musim 2012 lalu akibat permasalahan dana.

Kini empat tim yakni Force India, Sauber, Caterham dan Marussia juga mengaku terancam krisis finansial. Sebelumny beberapa tim meminta FIA mengeluarkan aturan yang menyatakan semua tim diberlakukan dengan pendekatan yang sama. Maksudnya setiap tim harus memperhatikan keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran, dimana tim mengelurkan biaya sesuai dengan pemasukan mereka.

Ditambah jumlah pengeluaran tim-tim menengah kebawah masih jauh dari standar untuk meraih prestasi. Untuk itu ketiga tim di atas meminta FIA untuk memanggil semua tim bersama-sama pada 1 Mei, mendatang untuk pembicaraan mengenai pengurangan biaya. Enam tim yang dinilai aman yakni Red Bull, Ferrari, Mercedes, McLaren, Williams dan Lotus.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8004 seconds (0.1#10.140)