Pistorius Wajib Temui Psikiater dan Psikolog

Rabu, 21 Mei 2014 - 16:05 WIB
Pistorius Wajib Temui Psikiater dan Psikolog
Pistorius Wajib Temui Psikiater dan Psikolog
A A A
PRETORIA - Pengadilan Tinggi di Pretoria, Afrika Selatan, akhirnya memerintahkan juara Paralimpiade, Oscar Pistorius, 27, untuk melakukan tes kejiwaan, sebelum kembali menjalani persidangan atas kasus pembunuhan.

Pistorius didakwa menembak mati kekasihnya, Reeva Steenkamp, 29, di rumahnya di Pretoria pada 14 Februari tahun lalu. Atlet lari difabel berjuluk 'Blade Runner' itu berkilah jika penembakan tersebut merupakan kecelakaan, setelah dia menduga Steenkamp seorang pencuri yang masuk ke dalam rumahnya.

Selama menjalani rawat jalan, Pistorius tidak harus berlama-lama di rumah sakit dan diamati selama 24 jam, namun dia hanya berkunjung untuk melakukan wawancara dan tes yang diberikan oleh tiga psikiater dan psikolog.

Tes tersebut dilakukan agar mengetahui apakah Pistorius melakukan penembakan itu secara sadar atau dia bertindak karena pengaruh anxiety disorder (gangguan kecemasan), yang dialaminya sejak kecil.

Dengan demikian, telah diputuskan juga bahwa sidang pengadilan ditunda sampai 30 Juni mendatang. "Kami akan bertemu Anda pada 30 Juni di jam 9.30," tandas hakim Thokozile Masipa.

Arah persidangan berikutnya, sepertinya akan banyak dipengaruhi dengan laporan akhir psikiater. Apabila, Pistorius diketahui mengalami gangguan ketika melakukan penembakan, maka persidangan tidak bisa dilanjutkan. Namun, jika Pistorius dalam kondisi sehat dan sadar saat kejadian, maka pembelaan anxiety disorder-nya akan gugur dengan sendirinya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6532 seconds (0.1#10.140)