Ubah Permainan, Rahasia Kemenangan Sharapova

Minggu, 08 Juni 2014 - 02:38 WIB
Ubah Permainan, Rahasia Kemenangan Sharapova
Ubah Permainan, Rahasia Kemenangan Sharapova
A A A
PARIS - Mimpi Maria Sharapova menjadi juara Prancis Terbuka 2014 terlampaui sudah. Gelar kedua setelah 2012 pun mampu direngkuhnya lewat perjuangan keras saat mengatasi perlawanan Simona Halep. Itulah gelar kelima petenis Rusia di turnamen seri grand slam.

Lalu apa rahasia kemenangan Sharapova di final yang digelar, Sabtu (7/6) malam waktu setempat. Berikut ini petikan wawancara Sharapova yang dikutip laman resmi turnamen Roland Garros, Minggu (8/6) :

Tanya (T) : Bagaimana Anda menemukan cara untuk mengubah permainan di saat- saat sulit ?

Maria Sharapova (MS) : Ada banyak cara untuk memenangkan pertandingan tersebut. Saya telah kehilangan empat angka berturut-turut dan kemudian bisa menyamakan kedudukan. Selanjutnya saya mencoba untuk kembali ke permainan terbaik saya, sulit memang. Tapi saya akhirnya bisa menemukan permainan terbaik itu. Saya mencoba memikirkan mengapa saya melakukan hal buruk dan terus coba fokus pada pertandingan. Dan, saya akhirnya bisa keluar dari kesulitan itu.

T : Akhirnya Anda lega dengan kemenangan itu. Bagaimana Anda menjelaskan perasaan ketika dipastikan menjadi juara ?

MS : Ini kemenangan yang emosional bagi saya dan karir saya. Saya telah banyak tampil di final grand slam dan pastinya sangat berbeda. Saat pertandingan berakhir, setelah melewati pertandingan yang emosional itu, semuanya seperti semula lagi. Kita harus realistis bisa memenangkan grand slam di Roland Garros.

T : Ini adalah turnamen grand slam terpanjang untuk dimenangkan dan Anda telah memenangkan dua kali di Roland Garros. Menurut Anda, mengapa hal itu bisa terjadi ?

MS : Saya tidak berpikir kalau seseorang mengatakan pada saya bisa menang untuk kedua kali di sini. Saya mungkin akan mabuk atau mengatakan kepada orang itu untuk mabuk bersama. Jelas ini suatu yang menakjubkan. Saya merasa telah berusaha untuk mendapatkan gelar ini. Tidak ada yang lain dan tidak ada yang bisa menggantikan gelar ini. Kita bisa hanya bertanding saja tanpa berusaha. Seorang itu bisa menjadi pemain yang hanya andal di lapangan tanah liat seperti Rafael Nadal. Saya hanya berusaha bermain yang terbaik di semua jenis lapangan.

T : Bagaimana peran tim Anda hingga bisa meraih sukses seperti ini ?

MS : Semua aggota tim saya telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Saya mempunyai beberapa orang yang tergabung dalam tim, seperti pelatih dan psyioterapi. Saya telah bersama-sama di masa sulit. Akhir tahun lalu misalnya, saya keliling Eropa untuk memulihkan cedera bahu. Kala itu saya tidak memiliki pelatih. Tapi, satu demi satu akhirnya ada yang mau bekerjasama dengan saya. Ternyata mereka membawa energi yang sangat mempengaruhi penampilan saya seperti sekarang ni.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7238 seconds (0.1#10.140)