Rontoknya Mahkota Nadal

Sabtu, 08 November 2014 - 12:14 WIB
Rontoknya Mahkota Nadal
Rontoknya Mahkota Nadal
A A A
BARCELONA - Predikat Raja Tanah Liat yang selama ini melekat pada Rafael Nadal sepertinya akan rontok. Mahkota yang selama ini disandangnya pun akan lepas seiring dengan rangkaian cedera dan operasi usus buntu yang baru saja dilakoninya.

Memang tidak langsung keperkasaan sang raja itu hilang. Tapi bagi para pendukung, jangan pernah berharap lagi permainan apiknya di tanah liat masih seperti beberapa tahun lalu.

Mantan petenis nomor tiga dunia itu baru saja menjalani operasi usus buntu di Barcelona. Dengan kondisi tersebut Nadal harus menyimpan raket selama sebulan guna pemulihan.

Peraih 14 gelar grand slam, kemungkinan baru akan kembali mengayuh raket tahun depan kala tampil di eksebisi Kejuaraan Tenis Dunia yang digelar di Abu Dhabi pada 1-2 Januari. Banyak pengamat yang meragukan jika petenis Spanyol itu kembali ke permainan terbaiknya.

Kehebatan Nadal di lapangan tanah liat awalnya tidak ada yang menyangka. Gelar Raja Tanah Liat sebelumnya dipegang oleh Bjorn Borg. Bahkan setelah ia meraih gelar Prancis Terbuka pada 1981 untuk kali keenam tidak ada yang berani meramal rekor itu akan pecah.

Nyatanya, Nadal menjawab tantangan tersebut dengan merebut kali pertama gelar di Roland Garros pada 2005. Ia berhasil mempertahankan gelar tersebut sampai 2008. Sempat setahun hilang pada 2009, namun sejak 2010 hingga tahun ini, tidak lagi petenis yang mampu memegang trofi seri grand slam digelar di tanah liat tersebut.

"Buat saya, ini sebuah kehormatan. Borg adalah salah satu petenis besar dalam sejarah. Jadi saat saya disandingkan dengannya sungguh fantastis," ucap Nadal dilansir thisdaylife, Sabtu (8/11).

Pertanyaan besarnya sekarang, dengan daftar cedera yang terus menggerus tubuhnya dan usai dioperasi apakah Nadal bisa mengembalikan keperkasaannya ?

Daftar Cedera Nadal

  1. Nadal gagal tampil untuk pertama kalinya di Prancis Terbuka 2004 setelah pergelangan kaki kirinya retak
  2. Cedera kaki membuatnya gagal bersaing di Shanghai Master 2004 dan Australia Terbuka 2006
  3. Menarik diri dari Masters Cup 2008 karena cedera lutut
  4. Gagal mempertahankan gelar di Wimbledon 2009 karena cedera lutut. Ia menjadi petenis pertama setelah petenis Kroasia, Goran Ivanisevic yang melewatkan Wimbledon pada 2012.
  5. Mengalami masalah dengan perut saat tampil di AS Terbuka 2009 dan kalah di semifinal dari petenis Argentina, Juan Martin del Potro
  6. Cedera lutut membuatnya tidak bisa berlaga di Wimbledon dan menarik diri dari Australia Terbuka 2010 saat perempat final melawan Andy Murray
  7. Cedera hamstring menghambat usahanya di Australia Terbuka 2011 dan dikalahkan David Ferrer
  8. Cedera pada lutut kirinya memaksanya menarik diri dari semifinal Miami Masters.
  9. Nadal tidak bisa mempertahankan medali emasnyd setelah tidak tampil di Olimpiade London karena cedera lutut.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6446 seconds (0.1#10.140)