Petinju Sulsel Lewati Target

Selasa, 11 November 2014 - 06:17 WIB
Petinju Sulsel Lewati Target
Petinju Sulsel Lewati Target
A A A
MAKASSAR - Atlet tinju Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil melebihi targetnya setelah menyabet tiga medali emas disemua kelas, pada kejuaraan nasional tinju elite di pelataran Karebosi Link kemarin.

Ketiga petinju yang meraih emas yakni Abdul Sada (64kg), Charles Katiandagho (69kg) dan Alex Tatontos (75kg). Sementara satu lagi, atlet Sulsel berhasil meraih medali perunggu yakni, Haris Mongga (kelas 81 kg). Sementara untuk atlet tinju putri Sulsel, semuanya jatuh dibabak penyisihan.

Pada pertandingan yang dihadiri oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, kian menarik dilakukan pada kelas 64 kg, petinju Sulsel Abdul Sada berhasil menumbangkan atlet tinju asal DKI Jakarta yakni Vinky Montolalu yang juga merupakan atlet pelatnas persiapan Sea Gams 2015 mendatang.

Sada berhasil menang angka atas lawan beratnya tersebut, setelah tiga ronde, Sadat yang juga merupakan anggota TNI ini berhasil keluar sebagai juara dikelasnya, setelah berhasil memperlihatkan keperkasaannya hingga tiga ronde. Sementara Charles di kelas 69 juga mendapat perlawanan sengit dari lawannya asal Maluku yakni Lodwy Batlayery, namun atlet unggulan Sulsel ini berhasil mengatasinya dan mendapat emas kedua untuk Sulsel.

Emas terakhir Sulsel berhasil diamankan oleh Alex, petinju berusia 34 tahun tersebut berhasil menyudahi perlawanan atlet asal Sulawesi Utara Toar Sampotan. Tiga ronde yang dipertandingkan Alex mampu menang angka dan menambah koleksi emas Sulsel dikejuarnas elite pertama kali di Makassar ini.

Ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Petina) Sulsel Ryan Latief mengatakan, untuk atletnya yang mendapat medali dikejurnas tersebut pihaknya akan memberikan bonus yang besar. "Pasti kami siapkan bonus untuk mereka, karena telah berhasil memberikan yang terbaik buat Sulsel," katanya.

Bukan hanya itu, dirinya juga mengharapkan jika pemerinta Sulsel juga bisa memberikan apresiasi kepada para atlet tinju tersebut. "Kami juga berharap agar pemerintah memberikan bonus kepada mereka, karena ini merupakan prestasi," harapnya.

Sekedar diketahui, pada kejurnas elite tahun ini, DKI Jakarta berhasil keluar sebagai juara umum setelah mengoleksi empat emas. Dua emas disabet atlet putrinya yakni, Endang (48kg) dan Valen Metia (46), sementara dua atlet tinju putranya berhasil meraih emas yakni, Aldoms Sugoro (52kg) dan Mathias Mandiangan (60kg).

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dalam sambutan penutup acara tersebut mengapresiasi terhadap Pertina Pusat yang sukses menggelar kejurnas elite di Makassar. "Kami sangat senang karena ini bisa berjalan dengan baik," kata dia.

Dirinya berharap agar olahraga tinju ke depannya bisa lebih meningkat agar bisa bersaing di ajang lebih tinggi. "Ini merupakan olahraga berat, jadi memang harus dipersiapkan dengan baik, termasuk kompetisi yang seperti ini," katanya.

Usai bertanding petinju Sulsel Alex Tatontos mengatakan, dirinya bahagia bisa memberi emas buat Sulsel diajang nasional kali ini. Bahkan, dirinya mengatakan lawannya dipartai final memang sudah dikenal dan pernah menjadi lawan dipiala wapres. "Kami sudah saling kenal, saya senang karena bisa meraih emas," katanya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3755 seconds (0.1#10.140)