FIA: Sembilan Tim Bukan Bencana

Minggu, 07 Desember 2014 - 09:33 WIB
FIA: Sembilan Tim Bukan Bencana
FIA: Sembilan Tim Bukan Bencana
A A A
DOHA - Wacana tentang mobil ketiga pada satu tim di Formula 1 kembali dilontarkan presiden Federasi Otomotif Internasional (FIA), Jean Todt. Permasalahan itu muncul saat beberapa tim mengalami masalah keuangan pada musim depan.

Tim Caterham dan Marussia adalah dua dari 11 tim yang tengah dibelit permasalahan keuangan. Menurut sejumlah laporan mereka sedang mencari sponsor untuk menutupi masalah keuangan jika mereka ingin bersaing di ajang jet darat pada 2015 mendatang.

Walau hingga saat ini belum ada konfirmasi tentang kondisi Caterham dan Marussia, namun Todt bersikeras bahwa dirinya tidak terlalu mempermasalahkan jika Formula 1 harus dimainkan dengan hanya sembilan tim. Dan, hal itu dianggapnya bukan sebagai suatu bencana.

Artinya, presiden FIA dapat meminta tim untuk mempersiapkan mobil ketiga mereka dan batas akhirnya di tunggu 60 hari sejak pemberitahuan itu diedarkan.

"Kita bisa balapan dengan sembilan tim dan itu bukan bencana. Saya ingat di MotoGP penah hanya ada 16 tim dan itu masih balapan yang baik. Yang jelas, saya ingin memajukan balapan Formula 1 daripada harus berkutat hal yang tidak jelas (belakang)," tutur Todt dikutip Planetf1, Minggu (7/12).

"Ini adalah bagian dari sejarah F1 jika harus kehilangan banyak tim. Jujur, saya tidak senang dengan apa yang dialami Caterham dan Marussia dan saya selalu bersimpati kepada mereka. Kami akan berusaha mempersiapkan tender lagi untuk memiliki satu atau lebih tim, tapi kami juga sudah mempersiapkan kasus terburuk jika itu harus di mulai dengan sembilan atau sepuluh tim pada 2016 mendatang," tukasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6583 seconds (0.1#10.140)