FIA Pertimbangkan Keluhan Honda

Kamis, 15 Januari 2015 - 01:37 WIB
FIA Pertimbangkan Keluhan Honda
FIA Pertimbangkan Keluhan Honda
A A A
ROMA - Federasi Balap Internasional (FIA) dipercaya tengah mempertimbangkan keluhan Honda terkait aturan pengembangan teknologi mesin mobil balap Formula 1.

Surat kabar Italia, Autosprint, melaporkan FIA berencana mengkaji ulang soal pengembangan teknologi mesin balap F1 yang selama ini diprotes Honda. Pernyataan itu muncul setelah Honda melakukan pertemuan tertutup dengan pihak FIA. "Pertemuan (FIA dan Honda) berjalan dengan baik, kami mendiskusikan hal-hal yang muncul terkait keprihatinan Honda" kata seorang sumber dari kalangan FIA, kepada Autosprint, Kamis (15/1/2015) WIB.

Pertemuan antara FIA dan Honda masih akan berlanjut diwaktu mendatang. Kendati tidak merinci hasil pembicaraan keduanya, sumber tersebut memastikan federasi balap internasional itu akan menggelar pertemuan lanjutan setelah menganggap sejumlah argumen Honda benar.

Sebelumnya, pabrikan mesin asal Jepang ini menganggap FIA telah memberikan lampu hijau terhadap saingan Mercedes, yakni Ferrari dan Renault untuk bisa mengembangkan teknologi mesin mereka pada musim balap 2015, sementara teknologi mesin yang dipakai Honda sendiri 'terbelengguh' pada spesifikasi yang diajukan FIA pada 28 Februari 2015.

Seperti diketahui, FIA mulai mengendurkan pengembangan mesin mulai tahun ini. Nantinya, tim seperti Mercedes, Renault dan Ferrari bakal bisa mengembangkan mesin V6 yang musim ini baru diterapkan. Padahal sebelumnya pengembangan mesin selalu berhenti saat pra-musim berakhir.

Wajar jika sebuah hal yang baru perlu adaptasi dan perbaikan, namun Honda secara terang-terangan menolak dan menawarkan pandangan lain. Mereka menilai jika pengembangan saat musim berjalan hanya menghilangkan persaingan.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6929 seconds (0.1#10.140)