10 Mantan Atlet Jatuh Miskin

Jum'at, 13 Februari 2015 - 14:01 WIB
10 Mantan Atlet Jatuh Miskin
10 Mantan Atlet Jatuh Miskin
A A A
JAKARTA - Jaya dipuja, miskin tersingkir. Kata-kata tersebut seolah menggambarkan kehidupan mantan atlet dunia yang pernah dihinggapi kejayaan yang sekarang jatuh miskin.

Kondisi miris sekarang menjadi keseharian para atlet. Uang hasil keringat mereka di lapangan ketika masa jaya menguap begitu saja. Ada yang gagal memanfaatkan uang tersebut dengan berbisnis, ada pula yang jatuh miskin karena ulahnya sendiri.

Sering kita dengar, para pesohor dunia di dunia olah raga itu mempunyai kehidupan yang super wah. Dengan kekayaan yang dipunyai, tidak sedikit di antara mereka yang terjerat pada dunia malam, narkoba, judi dan masih banyak lagi. Secara tidak sadar pola kehidupan mereka menggiring ke jurang kemiskinan.

Lalu siapa saja mereka yang sekarang dalam hidup dalam kemiskinan. Sindonews mencoba mengutip dari beberapa sumber dan berikut 10 mantan atlet tersebut :

10. Evander Holyfield

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Nama petinju ini di eranya sempat menjadi buah bibir. Pertarungannya melawan Mike Tyson sampai saat ini pastinya masih diingat penggila tinju, setelah insiden gigit kuping yang dilakukan Tyson.

Kekayaan Holyfield habis karena untuk mengurus anak. Sekadar diketahui, Holyfield mempunyai 11 anak dan ia harus mengeluarkan USD 9 Ribu atau sekitar Rp 115 Juta dihabiskan hanya untuk urusan tersebut.

Akibatnya, kekayaan Holyfield yang semula berjumlah USD 250 Juta atau Rp 3,1 Trilun lama-lama tersedot. Makin parahnya, bank menyita rumahnya seharga USD 10 Juta (Rp 127 Miliar) akibat utang. Itu belum termasuk utang dengan sebuah perusahaan jasa konstruksi senilai USD 500 Ribu atau Rp 6,3 Miliar.

9. Johnny Unitas

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Mantan pesepak bola khas Amerika, NFL ini gagal total dalam mengembangkan uangnya. Selama berkarir, Unitas memulai pendapatan gaji per bulan USD 7 Ribu (Rp 89 Juta) hingga mencapai gaji tertinggi USD 425 Ribu (Rp 5,4 Miliar).

Sayang, semua kekayaan yang dikumpulkan selama berkarir hancur setelah ia gagal berbisnis. Bahkan pada 1991, ia mengajukan ke pengadilan untuk dinyatakan bangkrut dan 11 tahun kemudian Unitas meninggal dunia dengan menyisakan banyak tuntutan hukum.

8. Bjorn Borg

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Nama Borg dalam dunia tenis hingga kini belum tergantikan. Ia adalah legenda yang berasal dari Swedia.

Ia harus kehilangan banyak kekayaannya setelah kecanduan narkotika dan obat-obatan terlarang. Peraih 11 gelar grand slam itu harus memulai kehidupannya dari bawah dengan menjual pakaian dalam.

7. Sheryl Swoopes

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Jika di bagian putra penggemar basket mengenal nama Michael Jordan, di bagian putri ada sosok bernama Sheryl Swoopes. Ya, dia adalah pebasket WNBA yang mampu menggeruk kekayaan dari basket hingga mencapai USD 50 Juta (Rp 638 Miliar).

Sayangnya dalam perjalanan waktu, Swoopes mengalami kebangkrutan. Pada 2004 lalu dikabarkan ia mempunyai utang yang mencapai USD 750 Ribu (Rp 9,5 Miliar).

6. Travis Henry

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Atlet NFL ini pernah menjadi bintang saat memperkuat Buffalo Bills dan Denver Broncos. Namun kehidupan malamnya membuat Henry benar-benar menghadapi kesulitan besar.

Henry bukan hanya harus membiayai ulahnya, tapi juga sembilan anak yang diperoleh dari sembilan istri berbeda. Akibat buruk akhirnya diperoleh setelah ia kehilangan kontrak dari Broncos senilai USD 25 Juta (Rp 318 Milia) akibat ditangkap karena perdagangan narkoba.

5. Kenny Anderson

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Pebasket mengalami kebangkrutan pada 2005. Kekayaan yang dikumpulkan dari bermain di NBA sebesar USD 60 Juta (Rp 756 Miliar) habis sama sekali.

Mudah mendapatkan jawaban kemana habisnya uang-uang tersebut. Semua uang dibelanjakan delapan mobil mewah yang diparkir di Beverly Hills.

4.Scottie Pippen

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Selama berkarir di NBA, pebasket ini berhasil memperoleh kekayaan mencapai USD 120 Juta (Rp 1,5 Triliun). Kemudian Pippen membeli sebuah jet pribadi yang awalnya akan dijadikan investasi.

Belakangan baru disadari kalau tindakan tersebut salah hingga ia mempunyai utang sampai mencapai USD 9 Juta (Rp 114 Miliar) untuk membayar pengacara dan bank. Pippen sempat kembali lagi berlaga di NBA untuk mencoba meraih pendapatan.

3. Marion Jones

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Sosok ini pernah dijuluki wanita tercepat di dunia. Bahkan saban tahun diperkirakan Jones memperoleh pendapatan USD 7 Juta (Rp 89 Miliar).

Namun semuanya akhirnya sirna, termasuk semua medali emasnya karena Jones terjerat doping. Kehidupan Jones selanjutnya menjadi berantakan setelah terlibat pencucian uang dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

2. George Best

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Pesepak bola ini pernah menjadi pahlawan Timnas Inggris dan berkarir selama 21 tahun. Selama itu ia mengumpulkan kekayaan mencapai USD 100 Juta (Rp 1,2 Triliun).

Minuman keras ternyata menghancurkan semua yang pernah diperoleh Best. Secara terbuka, Best mengungkapkan kalau uang yang diperolehnya selama ini dihamburkan untuk mobil mewah dan wanita.

1. Mike Tyson

10 Mantan Atlet Jatuh Miskin


Di antara sejumlah mantan atlet yang mengalami kebangrutan, Mike Tyson menempati posisi teratas. Selama berkarir ia berhasil mendulang kekayaan mencapai USD 400 Juta (Rp 5,1 Triliun).

Kekayaan Tyson terus menyusut dengan beragam alasan. Kematian pelatihnya, perceraian, tuduhan pemerkosaan, kepemilikan obat, dan masih banyak lagi. Pastinya sesaat sebelum memutuskan pensiun dari dunia adu jotos, Tyson banyak mendapatkan masalah yang membuat beberapa harta kekayaannya menyusut.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6315 seconds (0.1#10.140)