Tiga Poin Buruan Maung Bandung di Kandang

Rabu, 25 Februari 2015 - 07:00 WIB
Tiga Poin Buruan Maung...
Tiga Poin Buruan Maung Bandung di Kandang
A A A
BANDUNG - Tiga poin menjadi buruan utama Persib Bandung dalam menghadapi New Radiant. Kedua tim akan dipertemukan di laga perdana babak penyisihan grup H AFC 2015 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, Rabu (25/2/2015) sore.

Pertandingan yang akan digelar tepat pukul 15.00 WIB dan disiarkan secara langsung RCTI ini diprediksi akan berjalan sangat menarik. Betapa tidak, status Persib Bandung yang menjadi jawara Indonesia Super League (ISL) 2014 dan New Radiant sebagai juara Liga Maladewa, membuat persaingan semakin lebih memanas dan kental akan aroma gengsi.

Bagi Persib, melawan New Radiant merupakan kali pertama dihadapi. Tentu saja, dengan memanfaatkan laga di kandang, tiga poin menjadi harga mati untuk Persib Bandung.

Namun yang menjadi permasalahannya, Persib harus bisa tampil lepas mengingat tim yang berjuluk Maung Bandung ini baru saja menuai hasil buruk di babak play off Asian Champions League (ACL) 2015 maupun di babak final Inter Island Cup 2015 yang telah digelar beberapa waktu lalu.

Di ACL 2015, Persib Bandung mengalami kekalahan dari wakil Vietnam, Hanoi T&T dengan skor telak 0-4. Sedangkan di Final IIC, Persib dikalahkan Arema Cronus dengan skor 1-2.

Jika dilihat secara statistik dan materi pemain, Persib lebih diunggulkan, meski tim asal Maladewa tersebut memiliki empat pemain asing. Bukan hanya itu, New Radiant pun pernah dikalahkan wakil Indonesia, Persipura Jayapura.

Namun begitu, Persib Bandung jangan terlalu percaya diri, pasalnya New Radiant yang dilatih oleh pelatih asal Finlandia ini telah menjelma menjadi tim yang menakutkan. Hal itu dibuktikan dengan membawa New Radiant sukses menjadi juara Liga Maladewa dan Piala Presiden musim lalu, sekaligus menjadikannya terpilih menjadi pelatih terbaik versi majalah lokal Haveeru.

Selain itu New Radiant pun mayoritas pemainnya dihuni banyak pemain timnas Maladewa. Tentunya, permainan mereka pun akan sedikit mirip dengan karakter dari pada permainan timnas Maladewa.

Selama ini timnas Maladewa kerap mengandalkan kecepatan pemain sayap dan pemain belakang yang kuat. Hal itu pula terjadi pada permainan Persib Bandung saat ini.

Dengan begitu, Persib Bandung sebaiknya waspada, pasalnya tim asal Maladewa tersebut berturut-turut menjuarai tiga trofi di liga domestiknya yakni Dhivehi League musim 2012, 2013 hingga 2014. Tentu ini berbeda dengan Persib yang baru juara satu kali setelah sekian lama tidak merasakan suasana euforia menjuarai Liga.

Akan tetapi perbandingan ketat nya kompetisi belum tentu sama levelnya. Persib mau tak mau harus memenangkan pertandingan jika tidak mau terlempar untuk kedua kalinya di kejuaraan level Asia.

Seperti yang diungkapkan pelatih kepala Persib Bandung, Emral Abus. Menurut dia, poin di laga kandang tidak boleh hilang sedikitpun. Itupun jika tidak mau kehilangan muka bermain didepan pendukungnya sendiri.

Untuk itu, kata dia segala upaya telah dilakukan dari mulai melihat rekaman video hingga data statistik permainan lawan. "Saya sampaikan bahwa kita sudah memahami kekuatan tim lawan dan kami dari tim pelatih sudah mencoba menganalisis kekuatan meski dari rekaman video. Dari hasilnya, mereka bermain di AFC musim lalu menjadi juru kunci dan kalah dari Persipura dan Home United. Namun mereka pasti berbenah dan ingin kemenangan. Kami pasti bermain maksimal," ujar Emral dalam jumpa pers yang digelar di Graha Persib, Sulanjana Bandung, Selasa (24/2/2015) kemarin.

Menghadapi New Radiant sendiri, Emral menyadari tim besutannya tidak diperkuat striker asing. Namun hal itu tidak menjadi permasalahan. Sebab pihaknya telah menyiapkan strategi jitu menghadapi tim asal Maladewa tersebut.

"Waktu di Liga Champions, kita tidak ada striker asing dan kita kalah. Tapi bukan karena pemain asing, tapi ada faktor lainnya, dari cuaca hingga kendala waktu perjalananya. Kita juga tidak boleh mainkan Yandi Sofyan," tuturnya.

Untuk itu, di pertandingan nanti sore, pihaknya berharap segala persiapan yang telah dilakukan dapat berjalan dengan sempurna, sehingga Persib dapat meraih tiga poin. "Yang jelas kondisi pemain semua sudah OK," tegasnya.

Sementara itu, Pelatih Kepala New Radiant, Mika E. A. Loennstroem mengatakan pasukannya cukup kelelahan dengan perjalanan ke Kota Bandung ini. Namun begitu, hal itu bukan menjadi sebuah persoalan, sebab segala persiapan pun telah dilakukan, salah satunya mengintip kekuatan Persib Bandung lewat rekaman video.

"Kalau dibandingkan, kita memang kalah dari Persib dan Persipura juga kita pernah kalah tapi itu bukan menjadi acuan. Karena setiap pertandingan itu kadang mudah kadang susah juga. Yang penting kita punya banyak waktu di pramusim kemarin dan itu menguntungkan," ujar Mika.

Selama tiga musim ini, lanjut dia, tim besutannya terus menunjukkan grafik signifikan. Untuk itu dia berharap raihan tiga poin didapatkan, mengingat perannya sangat penting. "Saya tidak bisa bicara taktik kami. Tentu saya sudah tahu kekuatan Persib sekarang di sana juga banyak bintang. Mereka juga memainkan taktik yang disukai orang. Tapi New Radiant tidak
gunakan taktik itu, taktik yang mengandalkan serangan dengan 5 striker," paparnya.

Lima Pertandingan Terakhir Persib Bandung
10/2/15 T&T Ha Noi vs Persib Bandung 4-0
07/11/14 Persipura Jayapura vs Persib Bandung 2-3
04/11/14 Persib Bandung vs Arema Malang 3-1
30/10/14 Pelita Bandung vs Persib Bandung 2-1
26/10/14 Persib Bandung vs Mitra Kukar 2-1

Lima Pertandingan Terakhir New Radiant
23/04/14 AFC New Radiant vs Churchill Brothers 1- 2
09/04/14 AFC Home United vs New Radiant 2-0
02/04/14 AFC New Radiant vs Persipura Jayapura 0-2
18/03/14 AFC Persipura Jayapura vs New Radiant 3-0
11/03/14 AFC Churchill Brothers vs New Radiant 3-0

Prakiraan Pemain
Persib : 4-2-3-1
I Made Wirawan (kiper); Supardi, Vladimir Vujovic, Ahmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Dedi Kusnandar, Hariono; Tantan, Makan Konate, Atep; Yandi Sofyan Munawar.

New Radiant : 4-3-3
Niushad Ali (kiper); Ahmed Abdulla, Mohamed Ihsan, Abdulla Jailam, Shafiu Ahmed; Ismail Easa, Ahmed Ali, Hamzath Mohamed; Abdul Ganee Ali, A. Ali, Ibrahim Suhail.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7923 seconds (0.1#10.140)