Michelin Belum Siap Jajal Formula 1

Jum'at, 06 Maret 2015 - 20:38 WIB
Michelin Belum Siap Jajal Formula 1
Michelin Belum Siap Jajal Formula 1
A A A
BARCELONA - Produsen ban asal Jepang Michelin belum berani mengambil alih pemasok ban untuk balapan Formula 1. Menurut direktur teknis Michelin Nicolas Groubert, filosofi perusahaannya masih bertentangan dengan aturan di kompetisi balap mobil tersebut.

Pirelli yang masih jadi pemasok utama F1 saat ini masih mendapat kritika dari sebagian pembalap. Pada 2013, ban sempat habis sehingga mobil pembalap mengeluarkan api. Saat ini, Pirelli sedang coba memenuhi persyaratan bahwa ban harus mampu menambah kecepatan, sampai ke pit stop dan lebih kuat di aspal. (Baca Juga: Lima Bulan Pasca Insiden, Bianchi Masih Kritis)

Sebagai pesaing produsen ban, Michelin yang jadi produsen ban MotoGP 2016 mendatang rupanya belum siap menggantikan peran Pirelli di balap Formula 1. Menurut Groubert, aturan yang menyebut ban mesti kuat di aspal sangat kontraproduktif.

"Salah satu elemen kunci dari merek Michelin adalah umur panjang produk. Kami selalu coba menemukan hasil terbaik antara grip dan daya tahan dalam balap," ungkap pria asal Prancis ini dilansir Speedweek, Jumat (6/3/2015).

"Di MotoGP, kami melakukan segala yang kami bisa untuk mengatur lap tercepat balapan di lap terakhir lomba. Itulah salah satu alasan mengapa kami belum menurun di F1,". (Baca juga: FIA Kirim Sinyal Hijau untuk Marussia)

"Kami tertarik, tapi tidak dalam peraturan yang berlaku saat ini dan tidak dalam sebagai produsen ban. Bagi kami cepat menghabiskan ban adalah kebalikan dari apa yang kami ingin tunjukkan. Ini akan jadi kontraproduktif dan oleh karena itu, tidak mungkin kami melakukannya," jelasnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5535 seconds (0.1#10.140)