10 Hal Tentang Peraturan Baru Formula 1

Jum'at, 13 Maret 2015 - 10:57 WIB
10 Hal Tentang Peraturan Baru Formula 1
10 Hal Tentang Peraturan Baru Formula 1
A A A
MELBOURNE - Balapan pembuka Formula 1 tinggal menyisakan beberapa hari lagi. Puluhan pilot jet darat sudah dipastikan bakal mengadu nasib di Grand Prix Australia, akhir pekan ini. Selain kemenangan serta euforia penonton di Sirkuit Melbourne, terselip cerita menarik jelang pembukaan Formula 1 di Negeri Kangguru.

Formula 1 musim 2015 memang banyak mengundang cerita baru. Mulai dari perubahan sirkuit sampai kedatangan pembalap anyar di ajang balap mobil tercepat di dunia tersebut.

Tak hanya itu saja, ada hal unik menarik lainnya yang bisa menambah pengetahuan pecinta F1 di musim ini. Salah satunya adalah keputusan Federasi International Motorsports (FIA) tentang penggunaan helm. FIA selaku otoritas tertinggi balapan memutuskan desain helm yang dikenakan pembalap musim 2015 harus sesuai dengan seragam balap masing-masing.

Berikut 10 hal tentang peraturan baru Formula 1, seperti dikutip dari FOX Sports, Jumat (13/3/2015).

1. Honda kembali
Honda telah meraih kesuksesan pada 1988-1992, memutuskan untuk berkolaborasi dengan mesin Mclaren. Tim yang diperkuat Jenson Button dan Fernando Alonso itu menemukan kata sepakat dengan produsen Jepang untuk menggunakan mesin (power unit) Honda V6 bertenaga 1.6 liter yang diberi nama RA615H.

2. Meksiko

Formula 1 kembali ke Meksiko untuk pertama kalinya sejak 1992. Sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez di Mexico City, akan menjadi tuan rumah Grand Prix Meksiko, pada 1 November mendatang.

3. Pembalap baru

Ada lima pendatang baru di musim 2015. Max Verstappen akan bergabung dengan Carlos Sainz Jr di Toro Rosso, sementara Will Stevens dan Roberto Mehri akan memperkuat Caterham. Sedang Felipe Nasr akan menjalai balapan bersama Sauber.

4. Satu helm per musim

Dalam rangka untuk membuat pembalap lebih dikenali. FIA telah memutuskan agar pilot jet darat hanya dapat menggunakan satu desain helm pada 2015 ini. Selaku otoritas tertinggi balapan memutuskan desain helm yang dikenakan pembalap harus sesuai dengan seragam balap masing-masing.

5. Poin ganda dihapus

Sistem poin ganda sepertinya telah digunakan untuk terakhir kali di Grand Prix 2014, karena Badan Komisi Formula 1 memutuskan untuk menghapuskan sistem tersebut di musim 2015. Keputusan itu diambil saat pertemuan Badan Komisi F1 di Jenewa, Swiss, November lalu.

6. Virtual keamanan mobil

Virtual safety car mulai diperkenalkan musim ini demi meningkatkan keselamatan bagi pembalap. Menurut FIA, tanda virtual safety car akan muncul saat dua bendera kuning dikibarkan (yang berarti ada pembalap mengalami kecelakaan). Fungsi Virtual safety car adalah supaya mobil-mobil melambatkan kecepatannnya tanpa safety car sesungguhnya yang biasanya turun ke lintasan.

7. Sedikit unit tenaga

Pada 2014 setiap pembalap Formula 1 mampu memanfaatkan lima unit listrik, sejumlah yang telah dipotong menjadi empat musim ini dan tidak akan meningkat kecuali ras tambahan ditambahkan ke jadwal.

8. Berat Badan

Minimum berat jet darat musim 2015 sedikit meningkat menjadi 702kg (tanpa bahan bakar) menyusul keputusan yang telah ditetapkan FIA. Pada 2014 berat minimum adalah 691kg.

9. Hukuman

Penggantian unit daya tidak akan lagi membuat pembalap memulai balapan dari pitlane. Mereka hanya mendapatkan hukuman berupa waktu. Berada di pitlane masih mungkin terjadi bila peralatan masih terpasang di grid ketika sinyal dibunyikan. Penalti 10 detik, Formula 1 akan menjatuhkan penalti 10 detik atas kejadian yang terjadi di atas lintasan.

10. Surat Izin

Keberadaan Max Verstappen di tim balap Toro Rosso menuai banyak tanda tanya. Pasalnya pada balapan pembuka di Grand Prix Australia, akhir pekan ini, dia akan menerima predikat sebagai pembalap termuda sepanjang sejarah balap F1 dengan 17 tahun 166 hari.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4767 seconds (0.1#10.140)