Persib Waspadai Kebangkitan Lao

Rabu, 18 Maret 2015 - 07:00 WIB
Persib Waspadai Kebangkitan Lao
Persib Waspadai Kebangkitan Lao
A A A
BANDUNG - Waspada menjadi perhatian khusus tim Persib Bandung saat menjamu Lao Toyota pada laga lanjutan babak penyisihan Grup H AFC 2015 yang bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, Rabu (18/3/2015). Bukan tanpa alasan, tim asal Laos ini memiliki motivasi tambahan untuk meraih kemenangan, mengingat posisinya berada di dasar Grup H AFC Cup 2015.

Saat ini, Persib Bandung berada di puncak klasemen sementara grup H setelah mengantongi empat poin hasil sekali menang dan satu kali imbang. Terakhir, pasukan Maung Bandung ini hanya menghasilkan skor imbang 1-1 saat melawat ke markas Ayeyawady United.

Sedangkan Lao Toyota saat ini hanya mengoleksi satu poin menduduki juru kunci. Lao meraih hasil imbang 2-2 kala menjamu Ayeyawady di kandangnya sendiri. Sementara ketika bertandang ke kandang New Radiant, Lao kalah dengan skor 2-1.

Tentu saja dengan hasil itu, Lao berkeinginan untuk mendapatkan tambahan poin, agar target untuk lolos ke babak 16 besar tercapai. Kedua tim memang belum pernah sekalipun dipertemukan, namun kekuatan tim nasional (timnas) lah yang menjadi ukurannya.

Jika melihat kekuatan timnas, tentu Indonesia lebih diunggulkan. Terakhir timnas Indonesia berhasil mencukur timnas Laos dengan skor akhir 5-1 pada babak penyisihan grup A Piala AFF 2014 di Stadion Hang Day Hanoi, Vietnam, lalu. Secara kebetulan, timnas Laos kala itu, ditangani pelatih David Booth yang saat ini menukangi tim Lao Toyota.

Meski gagal mengangkat performa timnas Laos di level internasional, pelatih berkebangsaan Inggris ini berhasil menjadikan Lao Toyota menjadi tim yang menakutkan di Liga Laos. Terbukti, berstatus sebagai tim promosi, Lao Toyota berhasil menduduki peringkat runner up di Liga Laos dan berkesempatan tampil di AFC Cup 2015.

Hanya saja, perjalanannya selama mengarungi kompetisi di babak penyisihan grup H AFC Cup 2015 ini kurang begitu mulus. Saat ini Lao Toyota masih berada di peringkat terbawah grup H. Sedangkan lawannya nanti, Persib Bandung berada di peringkat teratas.

Meski dari catatan statistik Persib lebih diunggulkan, Pelatih Persib Bandung, Emral Bin Bustaman tetap menginstruksikan para pemainnya untuk selalu waspada. Sebab, Lao Toyota sendiri berkeinginan untuk menambah jumlah poinnya guna meloloskan diri ke babak 16 besar.
Belum lagi mereka dihuni beberapa pemain asing yang berasal dari Jepang (K. Homma, S Ihara), Pantai Gading (F. Pooda). "Walaupun tim Lao mengalami satu kekalahan dan satu kali draw, kita harus waspada. Karena mereka (Lao) juga pasti tidak mau kalah lagi," ujar Emral dalam jumpa pers yang digelar di Graha Persib, Sulanjana Bandung.

Guna mengantisipasinya, pelatih Persib yang dipersiapkan khusus menghadapi AFC Cup 2015 mengaku sudah mengantongi strategi agar dapat membendung motivasi para pemain Lao Toyota. "Kita sudah melakukan proses latihan serta uji coba. Termasuk tadi (kemarin) pagi latihan. Ini dipersiapkan untuk menghadapi pertandingan besok (hari ini). Kita sama-sama tahu dan memegang strategi, tapi kita harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pemain, strategi mana yang akan digunakan. Karena strategi berjalan ketika pertandingan berjalan," jelasnya.

Hal senada diungkapkan, kapten kesebelasan Persib, Firman Utina. Dirinya siap membawa Persib kembali meraih kemenangan.
"Bagi kami pemain, kita siap. Karena dalam kondisi sehat, fit dan siap diturunkan. Apalagi saya, saya lebih siap dimainkan sejak menit pertama," tegas Firman.

Firman cukup mengenal betul dengan kualitas pelatih Lao Toyota, David Booth. Hal itu diketahuinya saat pelatih asal Inggris tersebut menangani timnas Laos. "Secara keseluruhan, mengenal pelatih Laos (David Booth). Beliau cukup lama memegang timnas Laos. Tapi saya belum melihat timnya seperti apa. Tapi yang saya tahu, dia bagus dalam strategi. Kami harus antipasi, strategi. Tapi kami tidak akan lihat lawan, kita punya stategi dimana harus menyerang dimana harus bertahan. Yang jelas kita ambil tiga poin," kata Firman.

Di sisi lain, Pelatih Lao Toyota, David Booth mengatakan kemenangan menjadi harga mati bagi timnya. Betapa tidak, kata dia kemenangan itu menjadi wajib ditorehkan, sebab posisi Lao Toyota sendiri saat ini berada di dasar Klasemen Grup H setelah menorehkan satu poin dari dua laga yang telah dilalui.

Meski begitu, Booth menyadari tidak mudah mengalahkan jawara Indonesia Super League (ISL) 2014 itu apalagi lawannya itu saat ini berada di puncak klasemen sementara grup H AFC Cup 2015. Tentu saja, lanjut dia, perlu perjuangan khusus untuk mengalahkan Persib Bandung.

"Kita sudah siapkan strategi khusus tapi saya tidak bisa katakan karena lawan juga bisa tahu. Lihat saja besok seperti apa. Tapi yang jelas, Persib adalah klub yang baik dan bagus untuk menjadi lawan kami dan ini menjadi tantangan," ujar Booth.

Booth ogah menyamakan kekuatan Persib dengan timnas Indonesia yang pernah dilawannya, terakhir di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2014 lalu. Sebab level klub dan timnas jelas jauh berbeda.

"Tapi timnas dan Persib jauh berbeda. Sama dengan kita. Persib tim kuat dan kita juga tim kuat karena sudah mendapatkan spirit bertanding. Ini akan menjadi pengalaman melawan tim kuat seperti Persib," tegasnya.

Hal senada diungkapkan salah satu pemain Lao Toyota, Paseuthsack Souliyavong. Dirinya sudah siap tempur menghadapi Persib. Sekaligus membawa pulang tiga poin. "Sebagai pemain, kita pastinya sudah siap. Dan siap memenangkan pertandingan," tandasnya.

Lima Pertandingan Terakhir Persib Bandung :
11/03/2015 Ayeyawady vs Persib Bandung 1-1
25/02/2015 Persib Bandung vs New Radiant 4-1
10/02/2015 Ha Noi T&T vs Persib Bandung 4-0
07/11/2014 Persipura Jayapura vs Persib Bandung 2-3
04/11/2014 Persib Bandung vs Arema Malang 3-1

Lima Pertandingan Terakhir Lao Toyota FC :
11/03/2015 New Radiant vs Lao Toyota 2-1
20/07/2014 Lanexang Intra vs Lao Toyota 4-3
26/07/2014 LAL Lao Toyota vs Savan 6- –
25/02/2015 Lao Toyota vs Ayeyawady United 2-2
01/03/2015 Lao Toyota vs SHB Vientiane 5-1

Prakiraan Pemain
Persib Bandung
Pelatih :Emral Abus
Formasi : 4-2-3-1
I Made Wirawan; Supardi, Vladimir Vujovic, Ahmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Dedi Kusnandar, Hariono
M Ridwan, Makan Konate, Atep; Tantan

Lao Toyota FC
Pelatih : David Booth
Formasi : 3-5-2
V. Keodouangdeth; S. Phommapanya, M. Souksavath, T. Phongsettha; P. Syvilay, P. Soulyyavong, Maitee, S Ihara, F Pooda; K Homma, S. Khanthavong
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6069 seconds (0.1#10.140)