Ini Rapor Young Guns Persebaya

Senin, 13 April 2015 - 14:30 WIB
Ini Rapor Young Guns Persebaya
Ini Rapor Young Guns Persebaya
A A A
SURABAYA - Persebaya Surabaya menjadi tim yang paling banyak menerjunkan pemain belia dalam laga QNB League 2015. Ada 9 young guns Persebaya yang mayoritas penggawa jebolan Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri.

Kendati baru menjalani karier pemain profesional, namun mereka hadir tak hanya sekadar sebagai pelengkap tim. Saat Persebaya menjamu Mitra Kukar, Putu Gede Juni Antara dan Zulfiandi langsung menjadi starter yang bermain penuh 90 menit.

Sedangkan Ilham Udin Armaiyn masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Rudi Widodo di menit ke-57. Sedangkan Evan Dimas turun lima menit menjelang pertandingan berakhir. Evan Dimas hanya bermain 5 menit karena kondisinya belum memungkinkan tampil penuh karena cedera bahu yang dialaminya saat membela Timnas U-23.

Di laga kedua melawan Pusam Borneo FC, Pelatih Persebaya Ibnu Grahan makinberani memberikan kepercayaan kepada pemain muda sebagai starter. Tercatat ada empat young guns turun sejak menit awal. Selain masih mempertahankan posisi Putu Gede dan Zulfiandi, ada juga Ilham Udin Armaiyn dan Hargianto dalam daftar line up.

Meski akhirnya, Hargianto harus ditarik keluar pada menit 70 digantinkan pemain muda lainnya, Evan Dimas. Sedangkan Ilham juga menepi pada menit ke-54 digantikan Rudi Widodo. Dalam laga kedua ini, Persebaya meraih satu poin setelah bermain imbang 1-1.

Pelatih Ibnu Grahan menegaskan jika sejak awal tim Persebaya dibangun dengan mengandalkan pemain muda, "Manajemen juga mendukung keputusan ini. Jadi tidak ada keraguan mempercayakan posisi pemain inti pada pemain muda. Meski mereka baru pertama kali tampil sebagai pemain profesional di kompetisi resmi,''ujarnya.

Dari evaluasi sementara Ibnu, dua pemain muda Putu Gede dan Zulfiandi memang dianggap paling konsisten setelah dari dua laga yang sudah dijalani selalu bermain penuh 90 menit. "Yang tidak bermain penuh tidak berarti jelek. Pergantian pemain juga kita sesuaikan dengan perubahan starategi. Hargianto juga konsisten,"ucap pria yang pernah membobol gawang tim Italia, AC Milan ini.
Hingga saat ini, masih ada empat pemain muda Persebaya belum mendapatkan kesempatan turun lapangan, Zaenuri, Fatchurohman, Sahrul Kurniawan dan Erik Ermawansyah. "Jika mereka sudah siap dan menunjukkan kemampuan saat latihan, kesempatan pasti datang,'tandasnya.

Ini Rapor Young Guns Persebaya:

Pemain Jumlah Laga Total Menit Usia
I Putu Gede 2 180 19 tahun
Zulfiandi 2 180 18 tahun
Ilham Udin Armaiyn 2 87 18 tahun
Hargianto 1 70 19 tahun
Evan Dimas 2 25 20 tahun
Sahrul Kurniawan 0 0 19 tahun
M. Faturrohman 0 0 19 tahun
Erik Ermawansyah 0 0 18 tahun
Zaenuri 0 0 19 tahun
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6700 seconds (0.1#10.140)