Kok Menpora yang Buka Tinju Piala Presiden RI ?

Rabu, 15 April 2015 - 19:23 WIB
Kok Menpora yang Buka Tinju Piala Presiden RI ?
Kok Menpora yang Buka Tinju Piala Presiden RI ?
A A A
PALEMBANG - Walau nama gelaran kejuaraan tinju internasional mengambil label Piala Presiden XXII, tidak menjadi jaminan kalau acara pembukaan bakal dilakukan Presiden RI, Joko Widodo. Buktinya, untuk kejuaraan tahun ini yang akan berlangsung di Palembang pada 20-25 April mendatang ajang bergengsi itu akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi.

Sementara itu, kejuaraan yang akan berlangsung di Palembang Sport Complex Center (PSCC) akan diikuti 128 petinju dari 24 negara. Petinju Indonesia akan bersaing dengan petinju dari ‎Bangladesh, Australia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Mesir, Bhutan, Malaysia, Mongolia, Nepal, Filipina, Qatar, Singapura, Suriah, Taiwan, Thailand, Kamboja, India, Hong Kong, Sri Lanka, Mauritius, dan Myanmar.

"Acara pastinya dibuka oleh Menpora. Sedangkan untuk menutupan belum pasti, ‎bisa saja Presiden karena kami telah mengajukan surat pemohonan,"kata Ketua Panitia, Syaifudin Aswari, Rabu, (15/4/2015).

Masalah persiapan, menurut Syaifudin sudah mencapai 90 persen setelah menerima peralatan pertandingan dari Jakarta. Soal dana untuk kejuaraan juga tidak mengalami kendala mengingat telah dianggarkan oleh pemerintah pusat dan derah. "Untuk dana mencapai sekitar Rp6 miliar. Ada pembagiannya yakni 60 persen dari pemerintah pusat dan 40 persen dari APBD Sumsel," kata Bupati Lahat ini‎.

Kemudian, untuk memastikan kesiapan tuan rumah. Pihaknya akan kedatangan salah seorang anggota AIBA asal Korea Selatan dijadwalkan ke Palembang pada 17 April 2015 untuk melakukan kroscek. "Piala Presiden ini sebenarnya diagendakan di Makassar tapi karena yang diminta tidak sanggup maka dialihkan ke Palembang. Bagi Palembang, ini suatu kehormatan karena ajang ini sangat bergengsi di dunia, apalagi menjadi kesempatan uji coba petinju Indonesia sebelum bertanding ke SEA Games Singapura. Ini adalah suatu bukti perhatian Sumsel pada olah raga tinju,"pungkasnya.

Kejuaraan Tinju Internasioanl Piala Presiden ini akan mempertandingkan 12 kelas (tujuh putra, lima putri). Untuk putra terdiri atas, light fly weigh (49 kg), fly weight (52 kg), bantam weight (56 kg), light weight (60 kg), light selter weight (64 kg), welter weight (69 kg), dan middle weight (75 kg).

Selain itu ada light fly weight (48 kg), flay weight (51 kg), bantam weight (54 kg), feather weight (57 kg) serta light weight (60 kg). Kejuaraan Piala Presiden ini merupakan agenda Federasi Tinju Amatir Dunia (AIBA) yang terakhir digelar pada 2011. Sebelumnya kejuaraan ini diagendakan setiap tahun namun banyaknya agenda tinju amatir tingkat dunia membuat kejuaraan tersebut tidak bisa dilakukan secara simultan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5878 seconds (0.1#10.140)