Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Penjelasannya Ada di Sini!

Rabu, 22 November 2023 - 15:20 WIB
Gerakan kaki juga merupakan teknik dasar bulu tangkis yang perlu diatur pergerakannya agar dapat bermain secara optimal. Untuk melakukan gerakan kaki saat bermain bulu tangkis yang baik, Anda bisa ikuti tips berikut: Ingat di mana titik awal Anda; Jika ingin mundur atau maju, lakukan hanya 2-3 langkah saja; Bila diperlukan, gerakkan badan ke kanan atau kiri hanya dengan 1 langkah saja.

4. Teknik Servis (Serve)

Teknik dasar bulu tangkis selanjutnya yang harus dikuasai adalah servis atau memukul shuttlecock. Servis dalam bulu tangkis terdiri dari dua jenis, yaitu servis atas dan bawah. Servis atas adalah cara memukul kok di mana posisi raket berada di atas bahu atau kepala.

Sementara itu, servis bawah adalah cara memukul kok dengan raket yang posisinya berada di bawah bahu atau dada. Servis atas biasanya akan menyebabkan laju kok yang cenderung horizontal. Sebaliknya, servis bawah akan menghasilkan laju kok yang cenderung melambung.

5. Teknik Smes (Smash)

Dalam permainan bulu tangkis juga terdapat teknik smes. Cara melakukan teknik smes yang benar yakni dengan melakukan lompatan tinggi dibarengi dengan memukul kok dengan kuat ke daerah lawan. Jika teknik smes ini dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan gerakan kok yang tajam dan mematikan.

6. Permainan di Dekat Net (Netting)

Netting adalah teknik dasar bulu tangkis yang tidak mudah dilakukan karena memerlukan kecermatan, kecepatan, dan intuisi. Cara bermain bulu tangkis dengan netting adalah pemain harus berada di dekat net. Kemudian, pantulkan kok di atas net secara tepat.

Kok yang dihasilkan dari jenis pukulan ini akan jatuh di area dekat net lawan. Jika lawan tidak sigap dengan pukulan netting, maka ia akan kehilangan point.

7. Overhead
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More