7 Rivalitas Petinju Meksiko vs Puerto Rico Guncang Tinju Dunia

Selasa, 10 September 2024 - 10:15 WIB
Ada banyak pertarungan yang berarti antara petinju Meksiko dan Puerto Rico sebelum perebutan gelar kelas bulu pada tahun 1981 ini (Sanchez sendiri telah mengalahkan Juan Laporte pada tahun sebelumnya, dan Gomez mengalahkan Carlos Zarate pada tahun 1978, hanya untuk menyebutkan beberapa contoh saja), namun bisa dikatakan bahwa inilah peristiwa yang benar-benar memulai persaingan yang kita kenal sekarang.

Kedua pria ini telah menjadi bintang besar di negara mereka masing-masing saat Don King mempertemukan mereka di Caesars Palace dalam “The Battle of the Little Giants.” Para penggemar, promotor dan eksekutif TV sama-sama memperhatikan keriuhan penonton dan atmosfer yang penuh semangat di pinggir ring, serta bersumpah untuk memanfaatkan basis penggemar di Amerika Latin - khususnya Meksiko dan Puerto Riko - dengan tujuan yang lebih besar. Pertarungan itu sendiri melihat Sanchez mengalahkan Gomez melalui TKO pada ronde kedelapan untuk memberi atlet Puerto Rico itu kekalahan pertamanya dan mempertahankan gelarnya.

Wilfredo Gomez KO Ronde 14 vs Lupe Pintor

3 Desember 1982

Gomez membalas dendam pada tahun berikutnya dengan mempertahankan gelarnya yang berbobot 122 pon. Dalam sebuah pertarungan keras yang memukau, ia dan Pintor saling bertukar momentum, dengan Gomez melakukan sebagian besar serangan pada paruh pertama pertarungan dan Pintor dengan tenang berjuang untuk kembali ke dalam pertarungan.

Pada ronde ke-14, Gomez nampak kelelahan, dengan satu mata tertutup, sampai sebuah kombinasi pukulan kiri ke arah tubuh/tangan kanan ke arah atas tiba-tiba menjatuhkan Pintor untuk pertama kalinya dalam kontes ini. Pintor berhasil mengalahkan hitungan, namun Gomez kembali menjatuhkannya dan wasit pun turun tangan untuk menghentikan laga yang luar biasa ini.

Julio Cesar Chavez TKO Ronde 11 vs Edwin Rosario

21 November 1987

Jika Sanchez dan Gomez menyalakan korek api, Chavez dan Rosario menyiramkan bensin ke dalam api. “Orang Puerto Rico terlalu banyak bicara,” kata Chavez sebelumnya. “Mereka selalu membual, selalu berkata, 'Saya akan menghancurkanmu, saya akan menjatuhkanmu,' tetapi kemudian mereka tidak bisa membuktikannya. Rosario memiliki mulut besar, dan orang-orang di sekelilingnya juga memiliki mulut besar.”

''Saya akan mengirim Anda kembali ke Meksiko dalam sebuah kotak, pengecut!” ludah Rosario membalas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More