Dukungan Pemerintah Era Jokowi Lahirkan Prestasi di Olimpiade, Paralimpiade Paris 2024, hingga ASEAN Para Games

Minggu, 13 Oktober 2024 - 20:50 WIB
Pasalnya, dia berhasil menyamai rekor dunia sekaligus rekor Olimpiade lewat catatan waktu 4,75 detik yang ditorehkan ketika babak final.

Catatan waktu serupa sempat pula ia cetak sewaktu babak eliminasi yang membuatnya melaju ke babak perempatfinal Olimpiade 2024.

Menurut website Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC), Veddriq diketahui sebagai atlet spesialis pencetak rekor dunia panjat tebing nomor Speed.

Tercatat sudah tiga kali ia memecahkan rekor dunia nomor Speed sebelum di Olimpiade 2024. pertama pada Kejuaran Dunia Panjat Tebing 2021 di Salt Lake City, Amerika Serikat dengan waktu 5,20 detik.

Kedua saat Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023 di Seoul, Korea Selatan, ia dua kali mencetak rekor dunia.

Hebatanya, saat di Seoul, pada hari yang sama yaitu 28 April 2023, Veddriq mencetak dua kali rekor dunia.

Pada penampilan pertama di pagi hari, ia mencetak rekor dunia dengan waktu 4,98 detik dan di sore harinya, rekor tersebut kembali dipertajam menjadi 4,90 detik.

Adapun emas kedua diraih oleh atlet angkat besi (lifter) Rizki Juniansyah. Rizki yang bertanding di kelas 73 kg putra menunjukkan performa luar biasa pada 8 Agustus 2024, di South Arena Paris dengan total angkatan 354 kg.

Dia mengalahkan atlet Thailand Weeraphon Wichuma yang mengangkat total 346 kg, dan ketiga ada atlet Bulgaria Bozhidar Andreev dengan total angkatan 344 kg.

Total angkatan tersebut terdiri dari snatch 155 kg dan clean & jerk sebesar 199 kg yang mana memecahkan rekor Olimpiade sebelumnya yang dipegang Shi Zhiyong dari Cina dengan angkatan 198 kg di Olimpiade Tokyo 2020.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More