Dukungan Pemerintah Era Jokowi Lahirkan Prestasi di Olimpiade, Paralimpiade Paris 2024, hingga ASEAN Para Games

Minggu, 13 Oktober 2024 - 20:50 WIB
Torehan dua emas yang kini digenggam jadi catatan terbaik Indonesia sejak Olimpiade 1992. Pada Olimpiade 1992, Indonesia mengakhiri ajang tersebut dengan dua emas yang disumbangkan Susi Susanti dan Alan Budikusuma dari bulutangkis.

Setelah itu, Indonesia hanya mampu membawa pulang maksimal satu medali emas di Olimpiade pada edisi-edisi berikutnya. Medali emas tersebut juga selalu didapat dari bulutangkis.

Pada Olimpiade 1996, emas Indonesia disumbang oleh ganda putra Rexy Maniaky/Ricky Subadja.

Ganda putra kembali menyumbang emas di Olimpiade 2000 melalui pasangan Tony Gunawan/Candra Wijaya. Taufik Hidayat menyumbang emas di Olimpiade 2004.

Tradisi emas Indonesia dari bulutangkis di Olimpiade berlajut kala Markis Kido/Hendra Setiawan meraihnya pada 2008, lalu Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad di 2016, serta Greysia Polii/Apriyani Rahayu di 2020. Pada Olimpiade 2012, Indonesia tak mendapat emas.

Hal berbeda terjadi di Olimpiade 2024 dengan bulutangkis tak menyumbang emas. Torehan terbaik Indonesia di Olimpiade sejak 1992 disumbang cabang angkat besi dan panjat tebing.

Torehan membanggakan juga diraih atlet Indonesia di Paralimpiade Paris 2024. Kontingen Indonesia membawa satu medali emas, delapan perak, dan lima perunggu.

Satu-satunya medali emas Indonesia disumbangkan dari ganda campuran para badminton Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila.

Torehan itu melebihi target yang dicanangkan kontingen Indonesia di Paralimpiade 2024 yaitu satu medali emas. dua perak, dan tiga perunggu.

Bukan hanya itu, kontingen Indonesia juga berhasil menorehkan perolehan medali terbanyak dalam sejarah keikutsertaan tim Merah Putih di Paralimpiade dengan raihan 14 medali.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More