Lima Momen Roy Jones Jr. yang Tak Boleh Dilupakan

Jum'at, 27 November 2020 - 12:18 WIB
Memainkan Dua Olahraga Pro dalam Sehari

Jarang diketahui publik kalau kemenangan Jone atas Eric Lucas pada perebutan gelar kelas menengah super pada 15 Junia 1996 ada sesuatu yang unik. Pagi hari sebelum pertarungan, Jones dikabarkan tampil dalam pertandingan bola basket semiprofesional.

Ternyata kondisi tersebut tak membuat Jones kehabisan tenaga. Sebaliknya Jones justru bisa menghentikan aksi Lucas di ronde 11. Hal tersebut membuat Jones sebagai atlet pertama yang tampil di dua olahraga berbayar dalam satu hari.

Kehilangan Gelar Pertama

Jones harus kehilangan gelar pertamanya pada 21 Maret 1997 ketika ia didiskualifikasi saat bertemu Montell Griffin. Ketika itu Jones sebenarnya berpeluang memenangkan duel setelah beberapa pukulannya mampu membuat Griffin sempoyongan. Tapi ketika lawannya sudah bertekuk lutut, tanda sudah menyerah, Jones tetap menghujami beberapa pukulan. Alhasil, Jones dianggap melakukan pelanggaran dan didiskualifikasi.

Maraih Gelar Kelas Berat atas John Ruiz

Saat memegang sabuk kelas berat ringan WBA, WBC, IBF, IBO, WBF dan IBA, Jones melakukan lompatan ke kelas berat untuk melawan John Ruiz pada 1 Maret 2003. Ruiz ketika itu penyandang sabuk kelas berat dunia WBA setelah mengalahkan Evander Holyfield.

Jones yang secara ukuran bobot tidak terlalu besar untuk pertarungan itu, ternyata mampu meladeni Ruiz. Menggunakan kecepatan dan tekniknya Jones akhirnya bisa merebut gelar setelah menang angka.
(bbk)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More