4 Pemain Berdarah Indonesia Tampil di Piala Dunia, No 2 Pernah Hajar Xabi Alonso

Senin, 08 November 2021 - 17:13 WIB
Kakek Heitinga yang bernama Gijsbert Johannes Heitinga berasal dari Pulau Belitung, sementara ayahnya, Rob Heitinga lahir di Jakarta. Keluarga ayah Heitinga hijrah dari Indonesia sekitar tahun 1950.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh paman Heitinga, yakni Ronald Heitinga. Melalui wawancara bersama Radio Nederland, Ronald membenarkan bahwa keluarga ayah Heitinga berasal dari Indonesia.

Pada Piala Dunia Afrika Selatan 2010, Heitinga menjadi andalan pelatih Bert van Marwijk untuk mengisi lini belakang tim berjuluk De Oranje. Heitinga selalu jadi andalan dan membawa Belanda ke final, akan tetapi takluk di tangan Spanyol melalui gol semata wayang Andres Iniesta.

3. Giovanni van Bronckhorst



Giovanni van Bronckhorst pernah malang melintang di kompetisi level elit Eropa bersama Arsneal dan Barcelona. Gio -sapaan akrab van Bronckhorst- juga pernah menjadi pelatih dan menangani Feyenoord Rotterdam dan membawa tim berjuluk De club van het volk menjarai Liga Belanda pada musim 2016/2017 dan dua kali menjuarai Piala KNVB pada musim 2015/2016 dan 2017/2018.

Gio mewarisi darah Maluku dari ibunya yang bernama Fransien Sapulette. Hal itu keluar langsung dari mulutnya pada wawancara bersama Arsenal Tours 2013 silam.

Gio memang belum pernah mengunjungi tanah kelahirannya. Namun, pada wawancara tersebut, dirinya mengatakan rencana membawa anak istrinya ke Maluku, Gio ingin anaknya tahu dimana kampung halaman ayahnya.

Bek kiri yang pernah mencicipi gado-gado dan sate tersebut menjadi andalan pelatih Marco van Basten pada Piala Dunia Jerman 2006. Pada Piala Dunia edisi itu, Gio hanya sekali merasakan bermain selama 90 menit penuh, yakni mengalahkan Pantai Gading di penyisihan Grup C.

Belanda pun tersingkir oleh Jerman pada fase 16 besar usai kalah 0-1. Gio pun kembali dipanggi pelatih Bert van Marwijk untuk mengisi pos bek kiri untuk Piala Dunia Afrika Selatan 2010, dan membawa De Oranje hingga partai puncak.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More