Bartek Marszalek Girang Menang Perdana di F1 Powerboat Indonesia 2023

Senin, 27 Februari 2023 - 03:03 WIB
loading...
Bartek Marszalek Girang Menang Perdana di F1 Powerboat Indonesia 2023
Pebalap tim Stromoy Racing, Bartek Marszalek (tengah), berpose dengan pebalap tim Sharjah Sami Selio (kiri) dan pebalap tim Victory Erik Stark (kanan) berpose usai penyerahan trofi sesi balap pertama. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz
A A A
BALIGE - Pembalap Stromoy Racing, Bartek Marszalek , mengaku senang bisa meraih kemenangan perdananya selama berkarier di F1 Powerboat dalam seri Indonesia di musim 2023. Menurutnya, hasil tersebut merupakan penghargaan terbesar untuknya.

Dalam balapan pertama yang berlangsung di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara, pada Minggu (6/2/2023) siang WIB itu, Marszalek keluar sebagai pemenang. Lalu, Erik Stark dari tim Victory menjadi runner up dan Sami Sello dari Sharjah Team melengkapi posisi tiga besar.



Sebenarnya, pembalal asal Polandia itu hanya finis kedua di balapan pertama karena kalah cepat dari sang juara bertahan, Shaun Torrente. Namun, kemenangan Torrente sirna setelah terkena penalti akibat jump start sehingga dia turun ke urutan sembilan dan Marszalek otomatis naik ke podium pertama.

Lalu, balapan kedua yang rencananya digelar sore hari batal di tengah jalan pada lap keempat karena cuaca yang tak mendukung.

Dengan begitu, Marszalek mengunci kemenangan perdananya selama berkarier di F1 Powerboat sejak 2011 lalu. Sebelumnya, hasil terbaiknya adalah sekali menjadi runner up pada balapan di Sharjah pada musim 2022. Oleh karena itu, dia merasa kejayaannya di Danau Toba merupakan penghargaan terbesar baginya.

"Ini adalah penghargaan terbesar untuk saya karena ini merupakan kemenangan pertama saya di F1 Powerboat. Dan tentu memenangkan podium tertinggi saya di sini, negara yang sangat menakjubkan, yang di kelilingi oleh orang-orang ramah seperti Anda, sangat spesial," kata Marszalek dalam konferensi pers pasca balap.

"Selain itu, balapan di sini sangat fantastis. Saya sudah balapan di banyak negara dan bertemu banyak orang, tapi di sini atmosfirnya sangat mengagumkan dan itu akan selalu ada di dalam hati saya," tambahnha.

Sekadar informasi, balapan F1 Powerboat di sebuah danau air tawar merupakan sesuatu hal yang baru karena kompetisi balap jet darat paling bergengsi di dunia itu biasanya berlangsung di laut. Marszalek pun mengungkapkan bahwa hal itu menjadi tantangan tersendiri untuknya.

"Balapan di sini unik karena tak mudah untuk menggelar balapan di trek seperti ini. Tapi itu juga menantang untuk saya karena treknya menyajikan lebih banyak pertunjukan spektakuler untuk semua penonton. Saya pastikan ini adalah trek dengan jumlah tikungan terbanyak di ajang F1H2O dan itu membuatnya menjadi sangat-sangat rumit," ujar pembalap bernomor 77 itu.

Kendati demikian, Marszalek mengaku sangat menyukai trek di Danau Toba ini. Menurutnya, sekarang air di danau vulkanik terbesar di dunia itu merupakan air favoritnya.

"Air tawar di sini sangat-sangat bagus bagiku, saya menyukainya dan bisa merasakannya. Sejak pertama kali turun di latihan bebas pertama saya langsung bilang "wow". Mungkin lebih mudah balapan di air asin tetapi air tawar seperti ini lebih saya sukai dan sejak hari ini air tawar favorit saya adalah air di Danau Toba," pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)