Presiden Jokowi: Jangan Campur Adukan Olahraga dengan Politik

Selasa, 28 Maret 2023 - 21:03 WIB
loading...
Presiden Jokowi: Jangan Campur Adukan Olahraga dengan Politik
Presiden Joko Widodo menjamin keikutsertaan tim nasional (Timnas) Israel di Piala Dunia U-20 2023/Foto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin keikutsertaan tim nasional (Timnas) Israel di Piala Dunia U-20 2023 . Jokowi menyatakan hal itu tidak ada kaitannya dengan konsistensi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

Dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).



Jokowi mengatakan sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun untuk tidak mencampurkan urusan olahraga dengan politik.

"Dalam urusan Piala Dunia U20 ini, kita sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dengan politik," kata Jokowi.

Jokowi menyebut pemerintah dan PSSI masih terus berusaha terhadap FIFA agar ditemukan solusi terbaik usai banyaknya penolakan-penolakan.

Presiden Joko Widodo mengatakan semua pihak sudah berjuang keras untuk bisa menjadikan Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-20. Ia menjelaskan keikutsertaan Timnas Israel U-20 tidak ada kaitannya dengan Politik, sehingga melarang kepentingan politik dengan olahraga.

"Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20. Tapi kita baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik," kata Jokowi.

"Dalam kesempatan kali ini, saya juga ingin menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 melalui proses bidding, seleksi panjang, dan pada proses akhirnya, ada 3 kandidat negara, Indonesia, Brasil, dan Peru. Saat itu, semua pihak berjuang dan bekerja keras bersama-sama agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Pada akhirnya, pada bulan Oktober 2019, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA," jelasnya,

FIFA telah membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 menyusul penolakan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster terkait kedatangan Timnas Israel U-20. Seharusnya, undian Piala Dunia U-20 2023 akan dilangsungkan di Bali pada 31 Maret 2023 mendatang.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)