Fakta Menarik Jelang Portugal vs Wales

Rabu, 06 Juli 2016 - 21:13 WIB
Fakta Menarik Jelang Portugal vs Wales
Fakta Menarik Jelang Portugal vs Wales
A A A
LYON - Portugal akan melakoni laga semifinal ketujuh mereka di turnamen bergengsi dan merupakan yang keempat dari lima gelaran Piala Eropa terakhir. Sedang Wales baru menjejak babak empat besar pertama mereka.

Pertandingan yang bakal berlangsung di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (7/7/2016) dini hari nanti, dipercaya sebagai panggung adu tajam dua penyerang Real Madrid; Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Gareth Bale (Wales).

Namun di luar hal itu, ada banyak cerita yang menghiasi bentrokan keduanya di semifinal Piala Eropa 2016. Salah satunya adalah, ini merupakan kali pertama kedua tim bertanding di ajang resmi.

Merujuk pada tiga pertemuan terakhir keduanya, pertandingan selalu berjalan alot dimana tak cukup waktu 90menit untuk menentukan pemenang. Bahkan dua di antara laga tersebut berlanjut ke babak adu penalti. (Baca juga: Preview Portugal vs Wales: Kans Akhir CR7 vs Kisah Denmark-Yunani)

Fakta menarik jelang Portugal vs Wales
Pertandingan ini merupakan duel keempat keduan tim. Bentrokan terakhir kali terjadi pada Juni 2000 silam dalam partai uji coba.
Pertandingan ini akan menjadi duel pertama Wales dan Portugal di ajang resmi. Tiga pertemuan sebelumnya semuanya merupakan laga persahabatan.
Dalam tiga duel sebelumnya, total tercipta 11 gol. Wales sendiri belum pernah mencatat rekor clean sheet menghadapi Portugal.
Tiga pertandingan terakhir Portugal di fase knock-out Piala Eropa berlanjut hingga babak extra time. Dua di antaranya berlanjut hingga adu penalti.
Portugal belum mencatat kemenangan lewat waktu normal, 2x45 menit sepanjang Piala Eropa 2016.
Portugal tak terkalahkan di 12 laga resmi di bawah Fernando Santos sejauh ini (manang 8, imbang 4). Semua kemenangan yang mereka raih didapat dengan margin satu gol saja.
Wales berhasil melampaui prestasi tertinggi mereka di level internasional dengan lolos ke semifinal. Sebelumnya mereka hanya sukses masuk ke babak perempat final di Piala Dunia 1958.
Portugal berhasil masuk semifinal sebanyak lima kali dari tujuh kali partisipasi mereka di putaran final Piala Eropa. Hanya Jerman (enam kali) yang berhasil mengungguli mereka dalam catatan tadi.
Wales hanya kalah dua kali dari 10 laga mereka di turnamen internasional. Semuanya dengan margin satu gol saja. Yang pertama lawan Brasil di tahun 1958 (0-1) dan kedua lawan Inggris di fase grup kemarin (2-1).
Hanya Prancis (11) yang sukses membuat lebih banyak gol dibanding Wales (10) di pentas Piala Eropa 2016 ini.
Portugal memenangkan tiga dari empat duel mereka di babak adu penalti di turnamen-turnanem besar.
Ronaldo gagal mencetak gol dari 41 kali percobaan tendangan bebas yang ia lakukan di semua turnamen-turnamen besar baik Euro atau Piala Dunia. Sementara Gareth Bale sejauh ini langsung mencatatkan dua gol dari lima percobaan set piece bola mati.
CR7 hanya berhasil mencetak dua gol di 13 laga terakhirnya di fase knock out di turnamen-turnamen besar (semifinal Euro 2004 dan perempat final Euro 2012).
Cristiano Ronaldo mencatatkan caps bermain paling banyak di ajang Euro ketimbang para pemain lain (19 kali).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8470 seconds (0.1#10.140)