Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020, Presiden Jepang Lempar Handuk Putih

Rabu, 29 April 2020 - 19:40 WIB
loading...
Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2020, Presiden Jepang Lempar Handuk Putih
Foto/Reuters
A A A
TOKYO -
Rencana menunda Olimpiade Tokyo 2020 pada 2021 sepertinya masih bisa berubah. Bahkan, Jepang berpotensi kehilangan kesempatan menjadi tuan rumah karena sampai sekarang pandemi virus Corona (COVID-19) belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Awalnya, Pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) begitu yakin bisa menggelar event tersebut. Namun fakta berkata lain, mereka pun harus mengalah dengan situasi pandemi. Presiden Tokyo 2020 Yoshiro Mori seperti dikutip TheNews, Rabu (29/4), sudah melempar handuk putih. Dia mengatakan tak mungkin lagi menunda pelaksanaan Olimpiade 2020 ke tahun 2022. "Tidak (mungkin itu terjadi). Kalau begitu, itu (Olimpiade 2020) dibatalkan," kata Mori.

Mori mencatat olimpiade pernah dibatalkan sebelumnya hanya selama masa perang dan membandingkan pertempuran melawan virus corona sama halnya melawan musuh yang tidak terlihat. "Jika virus berhasil diatasi kami akan mengadakan olimpiade dengan damai di musim panas mendatang. Semua manusia bertaruh untuk itu," imbuh Mori.

Kepala Asosiasi Medis Jepang sehari sebelumnya sudah memperingatkan akan sangat sulit untuk mengadakan olimpiade tahun depan jika vaksin belum ditemukan. "Saya tidak akan mengatakan bahwa mereka tidak boleh ditahan, tetapi itu akan sangat sulit," kata Yoshitake Yokokura.

Dan pekan lalu seorang ahli medis Jepang yang mengkritik tanggapan negara terhadap virus corona memperingatkan bahwa ia sangat pesimistis kalau Olimpiade yang ditunda dapat diadakan pada 2021. "Jujur dengan Anda, saya tidak berpikir olimpiade kemungkinan akan diadakan tahun depan," kata Kentaro Iwata, seorang profesor penyakit menular dari Universitas Kobe.

"Jepang mungkin dapat mengendalikan penyakit ini pada musim panas mendatang, saya berharap kita bisa. Namun saya tidak berpikir itu akan terjadi di mana-mana di belahan bumi lainnya. Jadi dalam hal ini saya sangat pesimis tentang mengadakan olimpiade musim panas mendatang," katanya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)