Diprediksi Hujan, Apakah Seri MotoGP Qatar Tetap Digelar?

Senin, 20 Maret 2017 - 17:15 WIB
Diprediksi Hujan, Apakah Seri MotoGP Qatar Tetap Digelar?
Diprediksi Hujan, Apakah Seri MotoGP Qatar Tetap Digelar?
A A A
DOHA - Rencana digelarnya seri balap pembuka MotoGP 2017 di Qatar dalam kondisi hujan masih belum diputuskan sejauh ini. Race Director Mike Webb menegaskan tidak ingin mengambil risiko sehingga menyerahkan keputusannya pada para pembalap.

Seri perdana MotoGP akan digelar di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (26/3/2017). Para rider diprediksi akan balapan dalam kondisi basah akibat cuaca yang buruk.

Prakiraan hujan bakal mengguyur Sirkuit Losail sudah diantisipasi sejak bulan lalu. Untuk itu, dua perwakilan MotoGP yakni Franco Uncini dan Loris Capirossi sudah melakukan penelitian di Qatar. Tujuannya satu, mengamati apakah pantulan sorotan lampu pada trek yang basah akan mengganggu pembalap. (Baca Juga: Diprediksi Hujan, Grand Prix MotoGP Qatar Bisa Tetap Digelar )

Kendati pengujian yang dilakukan kabarnya berjalan positif --yang artinya kemungkinan balapan bisa digelar, semua tergantung pada pembalap itu sendiri. Ya, Webb menegaskan keputusan akhir berada di para peserta apakah mau lanjut atau tidak.

"Ini bukanlah keputusan akhir apakah kami akan tetap balapan saat hujan, tapi kami sudah beri tahu ke pembalap dan tim untuk bersiap menguji di kondisi basah agar mereka bisa beri tahu kami apakah siap balapan atau kami perlu melakukan sesuatu," ujar Webb seperti dikutip MCN.

"Setelah Franco dan Loris mengujinya dan menyatakan memungkinkan untuk balapan, mereka melaporkan ke sejumlah pembalap MotoGP dan menjelaskan apa yang dirasakannya di trek. Semua pembalap mengatakan 'oke, ayo dicoba dan melihat bagaimana kami nantinya',"

"Kami akan gelar tes jika kami punya kesempatan, tapi kami tidak akan balapan dalam kondisi basah sampai semua pembalap sudah mengujinya dan sepakat mau balapan," tegas Webb.

Jika MotoGP bakal menunggu keputusan para pembalap, tidak halnya dengan Moto2 dan Moto3. Apabila hujan, balapan dua kelas tersebut akan ditunda sebab Dunlop sebagai pemasok ban tidak mengeluarkan ban untuk kondisi demikian.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3296 seconds (0.1#10.140)