Sesi Kualifikasi Dibatalkan, Vinales Rebut Pole dan Rossi ke-10

Minggu, 26 Maret 2017 - 00:49 WIB
Sesi Kualifikasi Dibatalkan, Vinales Rebut Pole dan Rossi ke-10
Sesi Kualifikasi Dibatalkan, Vinales Rebut Pole dan Rossi ke-10
A A A
DOHA - Kondisi trek Sirkuit Internasional Losail yang terlalu bahaya membuat sesi kualifikasi Grand Prix MotoGP Qatar, Sabtu (25/3/2017) waktu setempat atau Minggu (26/3/2017) WIB dibatalkan. Rider Yamaha Maverick Vinales dinyatakan sebagai peraih pole dengan acuan akumulasi catatan waktunya di tiga sesi latihan sebelumnya jadi yang tercepat.

Hari kedua agenda resmi Grand Prix Qatar diinterupsi hujan yang mengguyur Sirkuit Losail. Imbasnya, Valentino Rossi dkk terpaksa mendapat agenda ekstra yakni sesi latihan bebas biasa, di luar sesi resmi, hanya untuk menguji trek yang basah.

Namun sesi tersebut juga urung dilakukan lantaran kondisi trek masih terlalu basah. Lagi-lagi para rider mesti menunggu trek mengering, yang ternyata seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

Lintasan jadi sulit mengering lantaran tidak ada matahari, ditambah sistem drainase trek yang kurang bagus. Panitia balapan sampai mengerahkan sekumpulan marshal untuk membersihkan air di lintasan dengan cara manual, menyapunya ke area gravel.

Namun Komisi Keselamatan pada akhirnya menyatakan trek tidak siap digunakan. Semua sesi yang tersisa hari ini, baik sesi ekstra, sesi latihan bebas keempat dan kualifikasi akhirnya dibatalkan.

Dan karena balapan tetap harus digelar besok, maka peraih pole position ditentukan dari pemilik catatan waktu terbaik dari tiga kali sesi latihan sebelumnya. Vinales akhirnya keluar sebagai yang terdepan saat start di Losail.

Vinales merebut pole dengan waktu 1 menit 54.834 detik. Andrea Iannone (Suzuki) di tempat kedua dengan waktu 1 menit 54.848 detik dan Marc Marquez (Repsol Honda) menutup baris terdepan dengan waktu 1 menit 55.008 detik. Demikian laporan yang disampaikan akun Twitter resmi MotoGP.

Pembalap papan atas lainnya terpaksa menelan imbas start dari posisi yang kurang menguntungkan. Rossi terlempar ke peringkat 10, sementara Jorge Lorenzo bakal start dari posisi ke-12.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3082 seconds (0.1#10.140)