El Metodico Akan Pertahankan Gelar di Filipina

Jum'at, 23 Juni 2017 - 04:47 WIB
El Metodico Akan Pertahankan Gelar di Filipina
El Metodico Akan Pertahankan Gelar di Filipina
A A A
CEBU - Juara dunia tinju kelas terbang junior versi IBF, Milan Melindo memiliki rencana untuk bertarung mempertahankan gelarnya di kota tinggalnya di Cebu, Filipina. Duel tersebut akan menjadi penampilan perdana Melindo sebagai juara dunia di kampung halamannya.

Pemilik julukan El Metodico itu kali pertama merebut gelar interim IBF usai menang angka mutlak atas petinju Thailand, Teeraphong Utaida pada November tahun lalu. Keberhasilan itu membuatnya menjadi penantang wajib gelar IBF yang kala itu masih berada di kekuasaan petinju Jepang, Akira Yaegashi.

Secara tak terduga, Melindo berhasil mengejutkan sang juara, Yaegashi saat berjumpa di Tokyo, Jepang pada bulan lalu. Melindo tiga kali mengirim Yaegashi ke kanvas, sebelum akhirnya menghentikan perlawanan Yaegashi hanya dalam waktu satu ronde.

(Baca: El Metodico Tak Menyangka Bisa Hentikan Juara Dunia dengan Cepat )

Sebelumnya, Melindo dua kali mengalami kegagalan saat menantang juara dunia. Pertama, terjadi pada 27 Juli 2013 di Macau, saat itu Melindo menantang juara kelas ringan WBO/WBA Super, Juan Francisco Estrada, dan mengalami kekalahan angka mutlak. Lalu, kembali kalah (technical decision) kala bertempur melawan juara kelas ringan junior IBF, Javier Mendoza pada 30 Mei 2015 di Meksiko.

Dengan sabuk juara IBF di pinggangnya, Melindo pun menjadi petinju Filipina keempat yang saat ini merupakan juara dunia, dia berada di samping Manny Pacquiao, Donnie Nietes, dan Jerwin Ancajas.

Melindo rencananya akan menjalani kontes pertarungan utama mempertahankan gelar pada 16 September mendatang di Waterfront Cebu City Hotel and Casino. Sekarang ini, petinju 29 tahun itu memiliki rekor tinju profesional 36 kemenangan (13KO) dan dua kekalahan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2003 seconds (0.1#10.140)