Siapakah Sultan Zaurbek, Petinju Tak Terkalahkan The Horseman of Shymkent

Sabtu, 11 November 2023 - 12:21 WIB
loading...
Siapakah Sultan Zaurbek, Petinju Tak Terkalahkan The Horseman of Shymkent
Siapakah Sultan Zaurbek, Petinju Tak Terkalahkan The Horseman of Shymkent/Boxen247
A A A
Siapakah Sultan Zaurbek , petinju tak terkalahkan The Horseman of Shymkent kembali mengguncang jagat tinju. Sultan Zaurbek memperpanjang rekor kemenangannya menjadi 16-0 setelah menang KO ronde keenam atas Sergio Martin Sosa, Sabtu (11/11/2023) WIB.

Berasal dari Shymkent, yang dikenal sebagai 'kota rumput', petarung Kazakhstan ini membuat kesan mendalam. Menukar tempat peristirahatan bersejarah yang terletak di Jalur Sutra dengan kedai kopi yang lebih sibuk dan perumahan modern, secara budaya, Sultan Zaurbek cepat beradaptasi dengan ring tinju.



Di ring amatir, Sultan Zaurbek sulit dikalahkan. Selama mengenakan rompi biru, ia telah mengalahkan juara bertahan Olimpiade, Robson Conceicâo dan petinju berbakat asal Inggris, Peter McGrail, serta meraih medali di berbagai ajang. Mantan peraih medali perak Kejuaraan Dunia Remaja AIBA ini mengenang kembali perkenalannya dengan tinju saat ia masih kecil di Shymkent.

"Saya lahir di Kazakhstan, saya sangat menghormati kota saya, Kota Shymkent selalu ada di hati saya dan selalu bersama saya ke mana pun saya pergi,"kata Sultan Zaurbek dari Boxing Social.

Sultan Zaurbek lahir di Shymkent, Kazakhstan, pada 19 April 1996, 27 tahun lalu. Dia anak kedua dari empat bersaudara dari keluarga sederhana. "Saya adalah anak tengah dalam keluarga saya. Saya memiliki seorang kakak perempuan, adik laki-laki dan perempuan. Kami semua tinggal di rumah bersama ayah dan ibu saya. Saya memiliki banyak kerabat, teman dan keluarga di Kazakhstan,''kata Sultan Zaurbek.

Perkenalan Sultan Zaurbek dengan tinju dimulai ketika masa kecilnya memasuki usia balita. Dia mengenal tinju dari ayahnya. ''Saya mulai pergi ke sasana tinju pada usia sembilan tahun, ayah saya juga seorang atlet. Pertama kali saya mengenakan sarung tinju adalah saat saya berusia tiga tahun dan saya telah bertinju hingga hari ini,"ungkapnya.

Membahas kesuksesannya di jajaran petinju tanpa bayaran, Sultan melanjutkan, "Saya sangat sukses, saya memenangkan emas di Asian Games 2014 dan perak di turnamen AIBA World Youth di tahun yang sama sebelum meraih perak di Islamic Games 2017. Saya berkompetisi di sejumlah turnamen pemuda dunia di berbagai negara seperti Bulgaria atau Suriah. Saya menjalani sekitar tiga ratus lima puluh empat [laga]."

Sebagai seorang petinju profesional, Zaurbek bekerja sama dengan pelatih asal Spanyol, Angel Fernandez, dimana keduanya berlatih dengan tekun di sasana mereka di Sutton, Inggris. Fernandez yang masih muda ini belum pernah membimbing seorang petarung ke puncak olahraga ini, namun latihan dan ikatan yang ia bangun dengan mereka yang berada di bawah bimbingannya telah membuat banyak orang terkesan.



Nurtas Azhbenov, Isaac Chamberlain dan Sultan, semuanya berusaha keras bersama dengan berbagai potensi dan kejuaraan sebagai prioritas mereka. Dilatih oleh petinju hebat Kuba Ismael Antonio Salas dan Jorge Rubio, Fernandez telah mengembangkan gayanya sendiri yang langka, bekerja dengan pipa busa dan latihan kesadaran ruang pada celemek ring untuk mencapai keluwesan tertentu, dengan fokus pada gerak kaki dan penempatan posisi.

Kehalusan bahasa Latin, bercampur dengan kekuatan dan efisiensi ganas itulah yang telah mengembangkan sasana Angelo Boxeo dalam beberapa bulan terakhir. Saat saya bertemu dengan Fernandez pada awal tahun ini, ia mengatakan pada saya bahwa Zaurbek telah berlaga sangat sering sebagai seorang amatir, ia tidak berencana untuk melakukan perubahan besar dalam gayanya, hanya menyempurnakan atribut yang sudah ada.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3850 seconds (0.1#10.140)