Kompetisi Balap Dayung Solu Bolon Bakal Meriahkan Aquabike Jetski World Championship 2023

Jum'at, 17 November 2023 - 14:32 WIB
loading...
Kompetisi Balap Dayung Solu Bolon Bakal Meriahkan Aquabike Jetski World Championship 2023
Kompetisi Balap Dayung Solu Bolon terbesar akan diselenggarakan di kawasan Waterfront City, Pangururan, Samosir pada 24 November 2023 / Foto: Journey
A A A
Kompetisi Balap Dayung Solu Bolon terbesar akan diselenggarakan di kawasan Waterfront City, Pangururan, Samosir pada 24 November 2023. Kompetisi ini diselenggarakan untuk memeriahkan event Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023.

Kompetisi ini diikuti tim dari delapan kabupaten yang mengelilingi Danau Toba. Mereka akan bertanding memperebutkan piala bergilir Danau Toba dengan total hadiah Rp250 juta. Selain itu, bagi suporter terbaik akan mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta.

"Kompetisi Solu Bolon akan menjadi warna tersendiri dalam memeriahkan ajang Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Dengan keikutsertaan tim dari kabupaten di sekitar Danau Toba, kompetisi ini akan menjadi bagian dari Pesta Rakyat yang meriah dan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat yang hadir di Danau Toba," ujar Maya Watono selaku Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, dalam keterangan persnya, Jumat (17/11/2023).



Solu Bolon merupakan alat transportasi yang menghubungkan antar-kampung di sekitar Danau Toba dan menjadi salah satu tradisi dari Sumatera Utara. Solu Bolon merupakan kapal besar yang dulunya hanya dimiliki oleh orang-orang besar dengan status sebagai raja dan memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat di sebuah desa di kawasan Danau Toba.

"Adanya kompetisi Solu Bolon berbarengan dengan event internasional Aquabike Jetski World Championship merupakan upaya kami untuk terus melestarikan tradisi masyarakat sekitar Danau Toba, dan sekaligus memperkenalkannya kepada dunia internasional. Dengan begitu, akan semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke kawasan Danau Toba," kata Maya Watono.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin, mengungkapkan harapannya dengan diselenggarakannya kompetisi ini. Dia menuturkan bahwa pihaknya ingin seluruh masyarakat di Sumatera Utara bisa menikmati keseruan kompetisi Solu Bolon.



"Kami optimistis Pesta Rakyat yang diselenggarakan dalam rangka Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba benar-benar bisa menjadi pesta yang dinikmati oleh para pengunjung dan juga masyarakat sekitarnya serta memberikan multiplier effect yang luas bagi Provinsi Sumatera Utara," imbuhnya.

Pemerintah telah menetapkan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). InJourney sebagai Holding BUMN pada sektor aviasi dan pariwisata berkomitmen untuk menarik para wisatawan dengan menghadirkan sejumlah event dan atraksi yang menarik, sehingga Danau Toba menjadi destinasi pariwisata water sport andalan.

Salah satu event besar yang akan dihadirkan oleh InJourney adalah Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba 2023 pada 22-26 November. Ini merupakan event olahraga air internasional terbesar kedua yang diselenggarakan di Danau Toba. Pada Februari 2023, InJourney sukses menyelenggarakan F1 Powerboat di Danau Toba. Event olahraga ini melibatkan 4 pemerintah kabupaten sebagai host yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. Sebanyak 118 riders dari 22 negara sudah mengkonfirmasi kehadirannya di Danau Toba.

Event olahraga di Danau Toba diselenggarakan berbarengan dengan berbagai side event yang dikemas dengan Pesta Rakyat akan menampilkan UMKM lokal serta festival budaya setempat. Perpaduan antara event olahraga dan juga budaya ini diharapkan membuat wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung ke Danau Toba.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)