alexa snippet

Perusahaan Ritel Diduga Rasis, Lebron James Meradang

Perusahaan Ritel Diduga Rasis, Lebron James Meradang
Superstar NBA, LeBron James, angkat bicara menyusul dugaan rasis yang dilakukan perusahaan ritel ternama, H&M Foto: IST
A+ A-
CLEVELAND - Superstar NBA, LeBron James, angkat bicara menyusul dugaan rasis yang dilakukan perusahaan ritel ternama, H&M. Sebelumnya, H&M mendapat kritik pedas dari netizen karena memamerkan produk mereka melibatkan anak berkulit hitam dan tulisan bernada mengejek.

Di situs resmi mereka, H&M memasarkan produk berupa hoodie dengan tiga varian warna yakni oranye, hitam dan hijau. Saat hoodie berwarna hijau itu dipamerkan, terdapat tulisan "coolest monkey in the jungle" sementara yang menjadi model adalah bocah berkulit hitam.

Pemandangan di situs resmi H&M langsung mendapat kecaman dari netizen. Tak terkecuali Lebron James yang notabene pemain andalan Cleveland Cavaliers di NBA. King James kemudian mengedit foto tersebut dengan menuliskan "King of the World"

Di bagian tulisan "coolest monkey in the jungle", King James mengeditnya dan menambahkan gambar mahkota raja sehingga kata-kata yang diduga mengandung unsur rasis itu tidak kelihatan. Tak hanya itu, bagian kepala si bocah juga dibubuhi mahkota.

Dalam hitungan jam, gambar yang diposting ke Instagram menuai reaksi netizen. Gambar tersebut disukai sebanyak 1 juta kali dan menghasilkan ribuan komentar.

Tak hanya Lebron James, pesepak bola Timnas Belgia -Romelu Lukaku- juga memposting gambar tersebut. Dia menuliskan kata-kata " Black is Beautiful.''

Berselang beberapa saat setelah gambar tersebut beredar, perusahaan ritel ternama H&M langsung membuat permohonan maaf. Seorang juru bicara H & M mengatakan kepada The Independent bahwa gambar tersebut telah dihapus.

Ia menambahkan: "Kami mohon maaf kepada siapapun yang mungkin tersinggung karena ini."


A post shared by LeBron James (@kingjames) on