Gennady Golovkin Siap Bawa Pulang Sabuk Khusus dari WBC

Senin, 30 April 2018 - 17:17 WIB
Gennady Golovkin Siap Bawa Pulang Sabuk Khusus dari WBC
Gennady Golovkin Siap Bawa Pulang Sabuk Khusus dari WBC
A A A
MEXICO CITY - Gennady Golovkin, juara tinju dunia kelas menengah IBF/IBO/WBA Super/WBC, siap untuk membawa pulang sabuk juara dengan desain khusus dari WBC yang akan dipertaruhkan dalam duel melawan Vanes Martirosyan pada 6 Mei nanti, dan pertarungan 16 September mendatang.

Dipilihnya tanggal 5 Mei (atau 6 Mei WIB) dan 16 September untuk memperebutkan sabuk tersebut bukanlah tanpa alasan. Ya, pada 5 Mei, rakyat Meksiko merayakan acara tahunan "Cinco de Mayo", sedangkan 16 September merupakan hari kemerdekaan buat Meksiko.

WBC sendiri merupakan salah satu badan tinju dunia yang diinisasi oleh Adolfo Lopez Mateos, yang tak lain adalah presiden ke-48 Meksiko. Adolfo Lopez Mateos mengundang 11 negara untuk mendirikan WBC di Mexico City, Meksiko pada 14 Februari 1963.

WBC mempersembahkan sabuk juara khusus berwarna biru dan emas yang dirancang oleh pengrajin pilihan dari Chiapas untuk mengenang pendiri WBC, Adolfo Lopez Mateos. Sabuk yang diberi nama Sabuk Tzeltal itu memiliki semboyan "Bats'il Ajaw Belt" yang artinya Pahlawan Sejati.

Pemenang pertempuran Golovkin vs Martirosyan di Carson, California, Amerika Serikat akan diganjar dengan sabuk juara khusus tersebut.

Golovkin merasa itu adalah suatu kebanggaan yang luar biasa buatnya bisa bertarung pada tanggal-tanggal penting untuk Meksiko, yang sudah dianggapnya sebagai rumah keduanya setelah Kazakhstan.

"Rencana saya adalah untuk menghadapi Saul (Alvarez alias Canelo) . Namun, kita semua tahu ceritanya. Hari ini saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya siap menghadapi Martirosyan dan paling pasti untuk membawa pulang sabuk Tzeltal," ucap Golovkin, seperti melansir dari laman resmi WBC.

"Saya sudah memiliki sabuk Huichol dan sekarang permata ini akan bergabung. Tubuh dan hati saya berkata saya akan menghormatinya. Ini adalah kehormatan yang sangat besar bagi saya," sambung petinju 36 tahun tersebut.

Golovkin memiliki rencana untuk bertarung tiga kali setahun, dan apabila Canelo siap untuk tarung ulang pada September, maka dia akan memberikan penonton pertarungan yang dinantikan itu. "Untuk saat ini saya benar-benar fokus pada komitmen istimewa ini," pungkas Triple G.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7423 seconds (0.1#10.140)