Mahasiswa Diajak Terlibat Asian Games Lewat Kompetisi Film Pendek

Sabtu, 12 Mei 2018 - 17:29 WIB
Mahasiswa Diajak Terlibat Asian Games Lewat Kompetisi Film Pendek
Mahasiswa Diajak Terlibat Asian Games Lewat Kompetisi Film Pendek
A A A
JAKARTA - Panitia Pelaksana Asian Games 2018 mengajak mahasiswa terlibat menyukseskan Asian Games 2018. Kerjasama dilakukan dengan mitra pelaksana broadcaster Asian Games dalam mengadakan kompetisi film pendek.

Kegiatan bertajuk Broadcast Legacy Program. Kompetisi yang bertajuk Vignette Competition atau membuat cuplikan film ini diikuti oleh para mahasiswa dari 10 universitas terpilih untuk membuat film pendek.

"Kami terharu sekaligus bangga, karena kemenangan kami bukan hanya untuk kami. Tetapi kemenangan ini untuk Indonesia. Film kami dapat menjadi suara Indonesia ke seluruh dunia," ujar Willy, yang bersama Syifa Dan Bima menjadi Finalist dari Program Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia.

Sejumlah perguruan tinggi yang mahasiswanya berhasil lolos menjadi finalis utama antara lain UI, Bina Nusantara, UMN dan Interstudi. Mereka lolos dari ratusan pendaftar, yang kemudian diseleksi menjadi 50 tim dan kemudian terpilih finalis sebanyak 12 tim.

Sutradara Joko Anwar mengatakan bahwa kompetisi short film selalu berguna untuk mencari bakat baru di dunia perfilman. Pekerja-pekerja film baru yang memiliki skill sangat dibutuhkan di industri karena saat ini industri film Indonesia sedang defisit kru.

"Yang penting selain inisiatif juga adalah bagaimana bisa membuat lebih banyak pembuat film yang ikut kompetisi ini. Sehingga benar-benar bisa jadi ajang showcase talenta baru" kata Joko.

Dalam kompetisi ini, Panitia Pelaksana telah menyediakan empat tema yakni Unity in Diversity, Energy of Asia, The World is Watching, dan Preparing for Triumph. Masing-masing tema dapat dipilih oleh para peserta lomba sebagai tema dasar film pendek yang akan mereka buat. Tentunya tema-tema ini memiliki ciri tersendiri.

Erick Thohir, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 menjelaskan bahwa dengan interaksi dan kolaborasi bersama seluruh pelaku broadcaster yang telah mendunia dan akan bekerja di Asian Games ke-18 ini, kami berharap banyak generasi muda Indonesiayabg dapat mengembangkan karir di industri siaran olahraga Asia dan dunia serta Asian Games 18 meninggalkan legacy kepada generasi muda Indonesia.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6016 seconds (0.1#10.140)