Pesta Gol di Babak Pertama, Bayern Ungguli Barcelona

loading...
Pesta Gol di Babak Pertama, Bayern Ungguli Barcelona
Barcelona terancam gagal melaju ke semifinal Liga Champions untuk kedua kalinya secara beruntun. Pasalnya, El Azulgrana untuk sementara tertinggal 1-4 dari Bayern Muenchen. Foto: reuters
A+ A-
LISBON - Barcelona terancam gagal melaju ke semifinal Liga Champions untuk kedua kalinya secara beruntun. Pasalnya, El Azulgrana untuk sementara tertinggal 1-4 dari Bayern Muenchen saat bentrok di Estadio do Sport Lisboa e Benfica, Sabtu (15/8/2020).

(Baca Juga: Positif Virus Corona, Umtiti Batal Temani Barcelona di Liga Champions)

Pada partai yang bisa dianggap final dini itu, kedua tim bermain terbuka sejak awal. Laga baru berjalan kurang dua menit, Bayern mengambil inisiatif menyerang dengan mengirim bola lambung menuju sekitar kotak penalti Barcelona. Namun, masih bisa diamankan.

Tak lama kemudian, Bayern menggetarkan gawang Barcelona di menit ke-4 melalui Thomas Muller setelah mendapat bola dari Robert Lewandowski. Gol itu tercipta melalui serangan balik yang cepat dari sisi kiri. Alhasil, FC Hollywood unggul 1-0.

Tapi, itu tidak berlangsung lama. Pasalnya, di menit ke-7, Barcelona bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 akibat gol bunuh diri David Alaba. Semula, dia bermaksud menghalau umpan silang Jordi Alaba. Tapi, bola malah mengarah ke gawang sendiri dan tidak bisa dihalau Manuel Neuer.



Mendapat hadiah gol, Barcelona meningkatkan tekanan. Hasilnya, Luis Suarez mendapat peluang menambah gol pada menit ke-9. Namun, sepakannya bisa digagalkan Neuer. Tidak berselang lama, Lionel Messi melesakan tembakan keras. Tapi, urung berbuah gol.

Messi masih terus meneror pertahanan lawan. Terus digempur lawan, Bayern berusaha keluar dari tekanan dengan melancarkan serangan. Namun, upaya tim asuhan Hansi Flick hanya berbuah tendangan sudut pada menit ke-12.

Hingga menit ke-15, kedudukan belum berubah. Penguasaan bola keduanya juga imbang yakni sama-sama 50%. Dimenit ke-19, Messi kembali mengacam melalui akselerasinya yang cepat hingga dekat kotak penalti. Tapi, sepakannya tepat mengarah ke kiper.

Sekitar dua menit berselang, Justru Bayern yang bisa menambah keunggulan lewat Ivan Perisic yang mendapat umpan Serge Gnabry. Sepakan gelandang asal kroasia dari sisi kiri itu sempat mengenai kaki Marc-Andre ter Stegen. Tapi, bola tetap masuk ke dalam gawang hingga akhirnya Bayern memimpin 2-1.

Barcelona berusaha membalas. Wakil La Liga itu mencoba menusuk dari sisi kanan melalui Sergi Roberto. Namun, umpan silangnya bisa disapu Jerome Boateng yang berujung tendangan bebas. Selanjutnya, seperti dejavu.

(Baca Juga: Terungkap Rencana Pirlo terhadap Taktik Peninggalan Sarri di Juventus)



Setelah asyik menyerang, malah Barcelona yang kembali kebobolan. Dimenit ke-28, Gnabry membuat Bayern memimpin 3-1 setelah memaksimalkan assist Leon Goretzka. Bayern semakin gencar menekan. Alhasil, gol keempat tercipta di menit ke-40 setelah Muller mencocor umpan silang Kimmich.

Bayern semakin mendominasi pemainan. Teror klub Bavaria itu hampir saja membuat Ter Stegen menjebol gawangnya sendiri dimenit ke-36. Namun, Barcelona masih bisa bertahan dan sesekali melancarkan serangan. Tapi, tidak juga berbuah gol.

Alhasil, hingga babak pertama usai, Bayern tetap memimpin 4-1 atas Barcelona. Artinya, klub Katalan itu harus mengemas sedikitnya tiga gol di babak kedua untuk memaksa laga dilanjutkan hingga perpanjangan waktu.

Susunan Pemain
Barcelona :4-3-1-2
Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto, Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez.
Pelatih: Quique Setien

Bayern Muenchen: 4-2-3-1
Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, David Alaba, Alphonso Davies; Leon Goretzka, Thiago; Serge Gnabry, Thomas Muller, Ivan Perisic; Robert Lewandowski.
(mirz)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top