alexametrics

Profil Samantha Edithso, Pecatur Cilik yang Boyong Gelar di Spanyol

loading...
Profil Samantha Edithso, Pecatur Cilik yang Boyong Gelar di Spanyol
Dunia olahraga Tanah Air boleh berbangga setelah pecatur cilik asal Bandung, Samantha Edithso, meraih gelar juara di Spanyol. Foto: IST
A+ A-
JAKARTA - Dunia olahraga Tanah Air boleh berbangga setelah pecatur cilik asal Bandung, Samantha Edithso, meraih gelar juara di Spanyol. Gadis 10 tahun tersebut meraih gelar di kejuaraan catur kadet dunia 2018 yang digelar di Santiago de Compostela, 3-16 November 2018.

Putri dari Larry Edith yang lahir pada 2008 meraih gelar usai mengalahkan pecatur Rusia, Alexandra Shvedova. Dia tidak mendapatkan kemenangan dengan mudah karena harus melakoni pertarungan berdurasi lima jam. Samantha akhirnya menang setelah 84 langkah.

Kemenangan atas Shvedova membuat elo rating Samantha lebih tinggi di antara pecatur lain di usianya. Saat ini Samantha Edithso mengantongi 1.879 poin. Adapun, pada 2016 dia pernah mengantongi 2.301 poin.

Saat ini Samantha menyandang gelar Women Fide Master (WFM), hal itu juga tidak lepas dari gelar pertama tahun ini yang ia menangkan di Kejuaraan Dunia Catur Cepat G10 alias FIDE World Championship 2018 U-10 yang digelar di Minsk, Belarusia, Juli 2018 lalu. Harapannya, dengan seluruh pencapaian tersebut, Samantha bisa berburu gelar IM (Internasional masters) untuk meraih grand master wanita.

Prestasi Samantha seolah melanjutkan estafet para seniornya sejak Utut Adianto, Susanto Megaranto, hingga Irene Kharisma Sukandar.
(bbk)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak