Perjuangan Berat, Persija Harus Melewati Tiga Babak Kualifikasi

Senin, 04 Februari 2019 - 09:04 WIB
Perjuangan Berat, Persija Harus Melewati Tiga Babak Kualifikasi
Perjuangan Berat, Persija Harus Melewati Tiga Babak Kualifikasi
A A A
JAKARTA - Persija Jakarta tak punya pilihan selain menaklukkan Home United saat melawat ke Stadion Jalan Besar Singapura, Selasa (5/2) besok. Kemenangan akan menjaga peluang Macan Kemayoran menapaki fase grup Liga Champions Asia (LCA) 2019 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Langkah Ismed Sofyan dkk menuju fase grup LCA memang berat. Persija harus melalui tiga babak kualifikasi untuk bisa mewakili Indonesia pada turnamen antarklub terbesar di Asia itu. Jika mampu melewati hadangan Home United, Macan Kemayoran sudah ditunggu wakil Australia Newcastle Jets pada 12 Februari.

Setelah itu, masih ada satu hadangan terakhir Persija, yakni melawan tim asal Jepang pada babak ketiga sebelum menghadapi fase grup LCA. Sebelum memikirkan dua lawan selanjutnya, Persija wajib fokus menghadapi Home United yang notabene bukan lawan sembarangan.

Musim lalu, runner up Premier League Singapura itu menjadi batu sandungan Persija pada babak semifinal Piala AFC. Kalah 2-3 di Stadion Jalan Besar dan menyerah 1-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno mengandaskan mimpi tim ibu kota melaju ke babak final zona ASEAN.

Dua kekalahan musim lalu patut menjadi perhatian pelatih Ivan Kolev yang dalam dua laga pertamanya bersama Persija meraih hasil memuaskan. Home United akan menjadi ujian sesungguhnya bagi Kolev untuk mengantar Persija meraih kemenangan sekaligus membalas dendam musim lalu.

Kolev sendiri mengakui jika timnya masih memiliki banyak kekurangan jelang laga kontra Home United. Pelatih asal Bulgaria itu menyebut, penyelesaian akhir menjadi masalah harus segera dipecahkan menyusul hasil imbang 1-1 kontra Kepri Jaya FC di Piala Indonesia.

“Masalah penyelesaian akhir ini harus sudah diselesaikan saat melawan Home United. Mereka tim bagus dan level tinggi. Jadi, kami harus fokus karena pertandingan pasti akan berjalan ketat,” katanya.

Beruntung Persija mendapatkan dua pemain pinjaman dari Madura United, yakni Alberto ‘Beto’ Goncalves dan Jaimerson Xavier yang notabene musim lalu enam kali tampil di Piala AFC bersama Persija Jakarta. Jaimerson bisa menjadi opsi utama mengisi lini pertahanan bersama Maman Abdurrahman sebagai bek tengah.

Sementara Beto akan menjadi tandem sepadan Marko Simic di lini depan. Di klub sebelumnya Sriwijaya FC, pemain naturalisasi asal Brasil itu mencetak 11 gol dari 25 penampilannya di Liga 1. Kehadirannya akan mempertajam sektor penyerangan Macan Kemayoran yang ditunjang winger Riko Simanjuntak dan Ramdani Lestaluhu.

Marko Simic mengaku siap diduetkan dengan Beto saat menghadapi Home United. Striker asal Kroasia itu yakin jika pemain pinjaman dari Madura United itu bisa membantu tim ibu kota meraih kemenangan di LCA.

“Beto pemain yang sangat bagus. Saya sangat respek terhadapnya. Sekarang kami harus coba bermain dengan formasi berbeda untuk striker. Memang tidak cukup banyak waktu untuk mencoba formasi 4-4-2, tapi saya harap kami dapat menghubungkan satu sama lain, memberikan hasil yang baik di Singapura. Saya berharap bisa bekerja sama dengannya sangat baik untuk membantu Persija,” ujar Simic.

Sementara itu, Beto menegaskan, sebagai striker dirinya berhasrat mencetak gol dalam laga itu. Namun, pemain naturalisasi asal Brasil ini mengaku lebih mengutamakan tim ketimbang ambisi pribadi mencetak gol. Termasuk tentu berkolaborasi dengan striker utama Persija Jakarta Marko Simic.

“Memang sebagai striker harus berpikir bagaimana cara mencetak gol. Tapi, kepentingan tim juga harus diutamakan, terutama bisa membawa tim menang itu lebih penting. Maka dari itu, saya harus positif termasuk bermain dengan pemain yang ada di Persija saat ini,” ujarnya.

Dia juga bertekad memberikan penampilan terbaik jika diberi kesempatan tampil oleh pelatih Ivan Kolev. Meski hanya berstatus pemain pinjaman, Beto berjanji akan profesional memberikan seluruh kemampuannya di klub berjuluk Macan Kemayoran.

“Saya akan memanfaatkan laga di LCA dengan maksimal meskipun hanya pemain pinjaman kita harus maksimal. Saya harap, saya bisa membantu semaksimal mungkin. Kalau tim ini lolos, saya sangat senang sekali,” tuturnya.

Di sisi lain, Persija Jakarta mendapatkan kabar baik menyusul disahkannya nama Ryuji Utomo dalam 23 pemain yang bisa tampil di Liga Champions Asia. AFC mengesahkan pemain yang musim lalu bermain di kasta kompetisi kedua Liga Thailand itu bersama PTT Rayong untuk membela timnya di kompetisi Asia.

Pelatih Ivan Kolev menyatakan, kehadiran Ryuji menambah opsi di lini belakang setelah Vinicius Lopez tidak bisa dimainkan lantaran terganjal International Transfer Certificate (ITC).

Tidak hanya itu, Persija juga dipastikan kehilangan fullback kiri Rezaldi Hehanusa lantaran cedera. “Kami akan banyak variasi di lini belakang. Ryuji adalah pemain yang kuat dan tentu akan membuat tim semakin solid,” katanya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8689 seconds (0.1#10.140)