alexametrics

Dukung Perkembangan Catur, Japfa Peroleh Penghargaan Darmabakti Olahraga

loading...
Dukung Perkembangan Catur, Japfa Peroleh Penghargaan Darmabakti Olahraga
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk memperoleh penghargaan 'Darmabakti Olahraga' dalam rangakain acara Hari Pers Nasional 2019
A+ A-
SURABAYA - Memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembinaan catur dalam negeri selama 18 tahun terakhir, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk memperoleh penghargaan 'Darmabakti Olahraga' dalam rangakain acara Hari Pers Nasional 2019 di Gedung Grahadi, Surabaya, Jumat (8/2) lalu.

Apresiasi Golden Awards Malam Anugerah Olahraga Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) oleh PWI Pusat diberikan kepada Japfa atas komitmennya dalam pembinaan olahraga catur secara berkesinambungan melalui Japfa Chess Club.

Penghargaan tersebut diberikan kepada dunia usaha yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kejayaan olahraga untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. "Dari waktu ke waktu dunia catur Indonesia terus mengalami regenerasi, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk Japfa dalam mencari bibit-bibit pecatur baru dan konsisten dalam melakukan pembinaan," ujar Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya dalam keterangan tertulisnya, Minggu.



"Kalau ditelaah lebih jauh, Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing dengan negara lain dalam olahraga catur," sambungnya.

Didirikan sejak Oktober 2000, Japfa Chess Club dibentuk guna mencari dan menghimpun bibit-bibit pecatur muda untuk diasah sehingga dapat bersanding dengan pecatur internasional mewakili Indonesia. "Tentu dalam klub ini, atlet muda maupun veteran, pemuda maupun pemudi, dilatih sedemikian rupa oleh pecatur professional Indonesia untuk menghidupkan kembali catur Indonesia yang seringkali kurang mendapatkan sorotan," terang Rachmat.

Dalam membangun Japfa Chess Club, Persatuan Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) turut terlibat. Japfa mendidik atlet-atlet catur potensial dengan pembinaan langsung dari Ketua Umum PB Percasi, Grand Master Utut Adianto.

Upaya tersebut sudah mulai tampak hasilnya, dengan tampilnya GM muda Indonesia seperti Susanto Megaranto meraih gelar tertinggi dan menorehkan sejarah untuk catur Indonesia dengan kehormatan bertanding melawan pecatur asing.

Di samping itu, Japfa Chess Club bersama PB Percasi sering menggelar berbagai kejuaraan catur, dari laga internal antar karyawan, lalu Japfa Chess Festival hingga Japfa GM & WGM Tournament.

Japfa turut mendukung kontigen Indonesia ambil bagian di sejumlah pertandingan internasional, seperti ASEAN Age Group Chess Championship, Pahang, Malaysia; 43rd World Chess Olympiade, dan 89th FIDE Congress di Batumi, Georgia; 17th Asian Continental Chess Championship, Manila, Filipina. Dengan mengikuti kejuaraan itu, diharapkan bisa menjadi ajang percepatan rating para pecatur dalam mencapai elo rating mereka.

Kesuksesan JAPFA itu juga tidak lepas dari dukungan media dalam menyuarakan program-program JAPFA. Pada hari kedua, yang menjadi puncak acara Hari Pers Nasional 2019, Presiden Joko Widodo mengatakan dalam pidatonya bahwa pers dapat menjadi salah satu media untuk membangun optimisme di kalangan masyarakat, mengingat pers merupakan sumber informasi akurat yang dapat menjangkau masyarakat. Dalam hal ini, bagi Japfa, rekan media dapat menumbuhkan semangat bangsa dalam mendukung pengembangan catur Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih kepada rekan media atas kerjasama yang telah terjalin sangat baik selama ini," ucap Rachmat. "Diharapkan ke depannya Japfa dan rekan media dapat bersinergi dalam berkontribusi membangun bangsa dan negara."
(bbk)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak