Selebrasi Provokatif di Derby Madrid, Bale Terancam Sanksi 12 Laga

Kamis, 14 Februari 2019 - 22:01 WIB
Selebrasi Provokatif di Derby Madrid, Bale Terancam Sanksi 12 Laga
Selebrasi Provokatif di Derby Madrid, Bale Terancam Sanksi 12 Laga
A A A
MADRID - Penyerang Real Madrid Gareth Bale terancam sanksi berat atas perayaan golnya dalam kemenangan 3-1 melawan rival sekota Atletico Madrid di La Liga Spanyol 2018/2019, Sabtu (9/2/2019) lalu.

Badan penyelenggara La Liga mengatakan pada Kamis (14/2/2019) bahwa Bale telah memprovokasi pendukung tuan rumah saat selebrasi golnya pada menit ke-73.

Liga mengatakan dalam sebuah pernyataan pihaknya akan merujuk insiden itu kepada komite kompetisi federasi sepakbola Spanyol (RFEF), yang kemudian akan memutuskan apakah penyerang asal Wales itu harus dihukum.

Pernyataan itu mengatakan Bale, yang mencetak gol ketiga Madrid telah mengangkat lengan kanannya di dekat kepalanya dengan tanda provokasi yang jelas kepada para penggemar tuan rumah.

"Kemudian memberi isyarat yang bisa dilihat sebagai tak senonoh dan menghina dengan melipat lengannya dan memukulnya dengan tangannya sisi lain," demikian pernyataan tersebut.

Perayaan Bale telah ditafsirkan di Spanyol sebagai gerakan ofensif yang dikenal dengan bahasa sehari-hari sebagai 'corte de mangas', seperti mengacungkan jari tengah.

Liga menambahkan bahwa sejak Februari 2018, setiap "perayaan gol ofensif yang dapat menyebabkan ketegangan di antara para pendukung atau yang bertentangan dengan sportivitas yang baik" akan dirujuk ke komite kompetisi.

Jika komite menentukan bahwa Bale sengaja menyebabkan reaksi bermusuhan di antara para pendukung, dia akan dilarang bermain untuk antara empat dan 12 pertandingan, menurut undang-undang federasi.

Jika panitia menemukan bahwa sia tidak menyebabkan reaksi bermusuhan tetapi masih bermaksud untuk memprovokasi pendukung, dia akan diskors antara satu hingga tiga pertandingan.

Madrid menang 3-1 berkat gol Casemiro pada menit ke-16, Sergio Ramos melalui titik penalti (43), dan Bale. Sedangkan gol balasan Atletico dicetak Antoine Griezmann (25).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4673 seconds (0.1#10.140)