alexametrics

PSM Makassar Berharap Kompensasi dari Liga Indonesia Baru

loading...
PSM Makassar Berharap Kompensasi dari Liga Indonesia Baru
PSM Makassar Berharap Kompensasi dari Liga Indonesia Baru
A+ A-
MAKASSAR - PSM Makassar kelimpungan menghadapi jadwal padat pekan depan. Selain bermain di Kompetisi Liga 1, Pasukan Ramang juga harus tampil pada babak semifinal Piala AFC Zona ASEAN. Karena itu, manajemen Juku Eja berharap kompensasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menjadwal ulang laga kontra Arema FC.

Stamina pemain PSM bakal mendapat ujian pekan depan. Marc Klok dkk sudah ditunggu jadwal padat lantaran harus menjalani tiga pertandingan sulit dan menguras tenaga dalam waktu sepekan. Pertama, melakoni laga tandang ke Go Dau Stadium Vietnam menghadapi Becamex Binh Duong di leg pertama semifinal AFC Cup Zona ASEAN, Rabu (19/6).

Kedua, empat hari berselang, PSM sudah harus menjamu Arema FC di Stadion Mattoangin Makassar pada lanjutan Liga 1/2019, Minggu (23/6). Hanya memiliki waktu istirahat dua hari, tim Ayam Jantan dari Timur kembali menghadapi Becamex pada leg kedua di Stadion Pakansari Bogor, Rabu (26/6).



CEO PSM Munafri Arifuddin menilai jadwal pertandingan tersebut cukup berat lantaran harus menjalani pertandingan tandang ke Vietnam. Kondisi ini dinilai akan menguras stamina pemain. Karena itu, pihaknya mengharapkan kompensasi operator kompetisi Liga 1 untuk membantu Juku Eja dalam mengatur ulang jadwal bertanding melawan Arema FC.

“Bukan upaya menunda, tapi memberikan masukan kepada LIB untuk melihat apa iya, kurang dari 10 hari kami ada pertandingan di tiga tempat berbeda? Ini perlu dipertanyakan, apakah ini ada di regulasi apa tidak?” katanya. Appi, sapaan Munafri, menyebut timnya seharusnya mendapat kompensasi dari PT LIB. Pasalnya, PSM yang berlaga di AFC Cup tak hanya membawa nama sendiri, melainkan sekaligus sebagai wakil Indonesia.

“Kira-kira kami pulang pada 20 Juni dan tiba di Makassar keesokan harinya. Kami tidak mungkin langsung latihan. Pada 24 Juni harus berangkat lagi sampai di sana 26 (Juni) bermain lagi. Nah, kami minta perhatian kepada LIB dan PSSI. Toh ini bukan menyangkut PSM sendiri, tapi menyangkut nama Indonesia yang dibawa PSM. Jadi, harus dipertimbangkan dengan matang,” paparnya.

Appi berharap PT LIB bisa menyetujui permintaan PSM untuk menjadwal ulang pertandingan melawan Arema FC. Dengan demikian, tim besutan Darije Kalezic bisa fokus melawan Becamex dan lolos ke final Zona ASEAN. “Silakan digeser di mana saja. Yang penting tidak ada di tengah-tengah itu (laga antara Becamex di leg pertama dan kedua),” tuturnya.

Di sisi lain, skuad Juku Eja sudah siap tempur menghadapi laga semifinal Piala AFC. Darije mengungkapkan kesiapan para pemain akan dimulai dengan menjaga kondisi. Kebugaran sangat penting untuk melewati tiga laga tersebut dalam sekitar waktu delapan hari. “Pekerjaan kami adalah memastikan menjaga kondisi para pemain. Apalagi, kami akan menjalani tiga laga ke depan. Tidak banyak klub yang bisa melakukan hal seperti ini,” ungkapnya.

Arsitek asal Bosnia itu memiliki cara agar seluruh anak asuhnya tetap berada dalam kondisi yang siap tempur di tengah jadwal padat. Menurutnya, opsi rotasi menjadi pilihan utama untuk menghindarkan pemain dari potensi cedera.

“Setelah pertandingan, mereka butuh recovery. Pemain yang main perlu pemulihan diri dengan baik. Sementara pemain yang tidak bermain harus bekerja dalam latihan seperti saat dalam pertandingan,” tuturnya. Menghadapi Becamex di laga pertama, Darije mengasah dua lini sekaligus pada latihan Kamis (13/6). Pelatih berusia 49 tahun itu ingin sektor penyerangan lebih tajam dan memperkuat benteng pertahanan.

Lalu, pada latihan lanjutan yang digelar Jumat (14/6), Darije fokus meningkatkan kerja sama tim sekaligus untuk menjaga kondisi sebagai persiapan untuk melalui tiga laga ke depan. “Kami ingin setiap lini bekerja. Fokus paling utama adalah menjaga kondisi pemain. Ini adalah momen terakhir yang kami lakukan (sebelum menatap laga di Vietnam),” paparnya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak