Prediksi Line Up Belanda vs Inggris Euro 2024, Siapa Penantang Spanyol di Final?

Rabu, 10 Juli 2024 - 14:01 WIB
loading...
Prediksi Line Up Belanda...
Prediksi line up Belanda vs Inggris Euro 2024 menarik perhatian. Dua tim memiliki kualitas pemain terbaik. Foto/ sky sports
A A A
JAKARTA - Prediksi line up Belanda vs Inggris Euro 2024 menarik perhatian. Pasalnya, dua tim yang lolos babak semifinal Piala Eropa ini memiliki kualitas pemain terbaik dengan nama besar. Namun, perjalanan Belanda dan Inggris hingga babak gugur ini terus menuai kritik lantaran penampilannya tidak memuaskan.

Inggris bertujuan mencapai final Euro saat bertemu Belanda di semifinal kedua Euro 2024 di Dortmund, Jerman pada Kamis (11/7/2024), pukul 02.00 WIB.



Pertarungan ini akan menentukan tim mana yang lolos ke babak penentuan pada Minggu (14/7/2024), di mana tim favorit Spanyol sudah menunggu usai mengalahkan Prancis 2-1.

Diketahui, The Three Lions susah payah mencapai semifinal Kejuaraan Eropa keempat secara keseluruhan saat mengalahkan Swiss di perempat final pekan lalu, meski tertinggal gol telat Breel Embolo menjelang peluit akhir di Dusseldorf.

Bukayo Saka secara sensasional menyamakan kedudukan untuk memaksa perpanjangan waktu dan tendangan penalti pada akhirnya diperlukan untuk menentukan hasil pertarungan yang seimbang. Inggris kemudian secara klinis mengirimkan kelima penalti mereka dan Jordan Pickford menyelamatkan tendangan Manuel Akanji, jadi di putaran kedua berturut-turut, tim asuhan Southgate berhasil lolos.

Setelah sebelumnya tertatih-tatih melewati fase grup, kemudian membutuhkan tendangan menakjubkan Jude Bellingham untuk memicu kebangkitan melawan Slovakia, perjalanannya jauh dari meyakinkan hingga saat ini - tetapi hasil adalah yang terpenting dalam sepak bola sistem gugur.

Pertandingan ke-101 Southgate sebagai pelatih akan membuat Inggris berusaha menjadi tim keenam yang lolos ke final Kejuaraan Eropa berturut-turut, dan musuh bebuyutan berdiri di antara mereka dan mendapatkan tempat di pertandingan hari Minggu di Berlin.

The Three Lions kini menghadapi pertemuan keempat di turnamen besar dengan Belanda . Rekornya, Oranje menang 3-1 dalam perjalanan menuju kejayaan di Euro '88, berkat hat-trick Marco van Basten, kemudian hasil imbang tanpa gol yang tak terlupakan di Piala Dunia 1990 diikuti oleh kemenangan Inggris 4-1 yang terkenal pada 1996.

Namun, karena hanya memenangi satu dari sembilan pertemuan terakhir antar negara di semua kompetisi, presedennya bukanlah tim Inggris yang memiliki talenta menyerang, namun belum menemukan ritme atau membangkitkan kepercayaan diri para penggemarnya.

Pertemuan terbaru dari sembilan pertemuan tersebut juga terjadi di semifinal, di mana Belanda menang 3-1 setelah perpanjangan waktu di UEFA Nations League - Southgate dan Ronald Koeman juga berada di bangku cadangan pada kesempatan itu.

Akhir pekan lalu, Belanda membawa negaranya ke semifinal Euro pertama sejak 2004 dengan mengalahkan tim Turki yang penuh semangat di Olympiastadion Berlin dan – seperti Inggris – Belanda harus bangkit untuk memastikan tempat mereka di empat besar.

Tertinggal satu gol dan sepertinya akan segera keluar, penyelamat yang tidak diduga muncul, ketika Stefan de Vrij menyamakan kedudukan timnya pada menit ke-70, sebelum ancaman mengintai dari spesialis turnamen Cody Gakpo memaksa Mert Muldur melakukan gol bunuh diri segera setelahnya.

Mengincar gelar Eropa kedua mereka, setelah mengangkat trofi Henri Delaunay di Jerman 36 musim panas lalu, pasukan Koeman sedang melewati babak undian yang disebut 'lebih lemah', setelah hanya keluar dari Grup D di tempat ketiga.

Menyusul kemenangan atas Polandia, hasil imbang dengan Prancis, dan kekalahan penting dari Austria, Oranje dihadapkan pada pertandingan babak 16 besar yang relatif baik melawan Rumania, di mana mereka akhirnya menang 3-0.

Namun, skuad yang dipimpin oleh kapten Virgil van Dijk akan berusaha memenangkan pertandingan semifinal Kejuaraan Eropa kedua untuk Belanda; dan dengan catatan buruk empat kekalahan dari lima kekalahan sebelumnya, beban sejarah sangat membebani pundak mereka.

Sebagai satu-satunya bek kiri spesialis di skuad Gareth Southgate, kembalinya Luke Shaw sudah ditunggu-tunggu. Pemain belakang Manchester United itu melewatkan empat pertandingan pertama Inggris saat menyelesaikan kepulangannya dari cedera hamstring, namun setelah tampil sebentar melawan Swiss, kini dia menyatakan siap untuk tampil.

Namun, hal itu kecil kemungkinan karena Kieran Trippier dan Bukayo Saka diperkirakan akan kembali menempati kedua sisi.

Setelah tampil mengesankan di awal turnamen, Marc Guehi kini harus bertarung dengan Ezri Konsa untuk mendapatkan tempat di jantung pertahanan sekembalinya dari skorsing, meskipun masih harus dilihat apakah barisan belakang akan terdiri dari tiga atau empat pemain - atau a hibrida keduanya.

Harry Kane dikeluarkan dari lapangan selama perpanjangan waktu akhir pekan lalu, tetapi setelah dikonfirmasi dia hanya cukup pulih dari kram, pencetak gol terbanyak The Three Lions akan fit untuk membangun rekor bagus di fase sistem gugur Kejuaraan Eropa: tidak ada pemain yang mencetak gol lebih banyak di babak penyisihan (lima, setara dengan Antoine Griezmann).

Kane mencetak gol di semifinal Euro 2020 melawan Denmark, dan hanya dua pemain yang pernah mencetak gol di tahap Kejuaraan Eropa berturut-turut ini – Viktor Ponedelnik dan Valentin Ivanov, keduanya untuk Uni Soviet pada tahun 1960 dan 1964.

Bagaimana dengan Belanda? De Oranje harus melakukan seleksi besar di sepertiga akhir lapangan, karena masuknya Wout Weghorst melawan Turki di babak pertama membalikkan keadaan di perempat final.

Ronald Koeman – yang baru saja mengumumkan akan tetap menjabat hingga 2026 – telah membiarkan pintu terbuka bagi striker Burnley yang bermitra dengan Memphis Depay sejak awal; namun, peran dampak lain dari bangku cadangan lebih mungkin terjadi. Salah satu atau keduanya Depay dan Cody Gakpo terlibat langsung dalam 63,5% upaya gol Oranje sejauh musim panas ini, dan enam dari sembilan gol mereka.

Berkat kontribusi Depay (17 tembakan, 10 peluang tercipta) dan Gakpo (13 tembakan, 11 peluang tercipta), Belanda menjadi satu-satunya tim yang memiliki lebih dari satu pemain yang mencetak dua digit baik tembakan maupun peluang yang dibuat di Euro 2024.

Koeman kemungkinan akan tetap menggunakan sebagian besar starting XI-nya, meskipun pemain sayap kanan Steven Bergwijn telah ditarik keluar di babak pertama di kedua babak sistem gugur dan mendapat tempatnya di bawah ancaman Donyell Malen, yang memainkan sepak bola klubnya di Dortmund.



Virgil van Dijk menjadi kapten tim dari pertahanan tengah, dua hari setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-33, sementara playmaker lincah Xavi Simons memainkan peran sebagai penghubung dalam serangan Belanda; Jerdy Schouten dan Tijjani Reijnders akan mengisi banyak posisi di lini tengah.

Prediksi line up Belanda

kata kerja; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Reijnders; Malen, Simons, Gakpo; Depay

Prediksi Line Up Inggris

Pickford; Pejalan Kaki, Batu, Guehi; Saka, Mainoo, Beras, Trippier; Bellingham, Foden; Kane
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0742 seconds (0.1#10.140)