Kalah 0-5 Tak Akan Terulang, Peru Benahi Mental Lawan Brasil

Kamis, 04 Juli 2019 - 18:01 WIB
Kalah 0-5 Tak Akan Terulang, Peru Benahi Mental Lawan Brasil
Kalah 0-5 Tak Akan Terulang, Peru Benahi Mental Lawan Brasil
A A A
PORTO ALEGRE - Peru bertekad menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik melawan Brasil di final Copa America 2019. Pelatih La Blanquirroja -julukan Peru- Ricardo Gareca, bertekad mengangkat trofi meski timnya menjadi rintangan psikologis setelah dikalahkan Brasil 0-5 pada penyisihan Grup A.

"Kami bertekad menang," kata Gareca dilansir Independent. “Ketika Anda mencapai final, Anda hanya memikirkan satu hal. Itulah mentalitas yang akan kami miliki melawan Brasil. Saya percaya pada pemain kami.”

Peru lolos ke final seusai mengalahkan juara bertahan Cile 3-0 di Arena do Gremio, Porto Alegre, Rabu (3/7/2019) malam waktu lokal atau Kamis (4/7/2019) pagi WIB. Tiga gol Peru dikemas Edison Flores menit ke-21, gelandang Yoshimar Yotun (38), dan Jose Paolo Guerrero (90). (Baca Juga: Gebuk Chile, Peru Lolos ke Final Copa America 2019).

Pasukan Gareca lolos ke perempat final hanya sebagai tim urutan ketiga terbaik dari penyisihan grup, namun menjalani sistem gugur dengan bagus. Setelah menyingkirkan Uruguay yang sangat difavoritkan dalam adu penalti di perempat final, Peru mengalahkan Cile dengan impresif.

Kemenangan atas juara bertahan juga membalas kekalahan Peru dari Cile di semifinal 2015 dan membukukan tempat mereka di final Copa America pertama mereka sejak terakhir memenangkan turnamen pada tahun 1975.

"Kami telah melewati beberapa momen sulit di Copa dan kami layak berada di final," kata pelatih asal Argentina itu.

"Kami berhasil mengatasi kesulitan besar yang merupakan kekalahan besar dari Brasil yang dinilai dengan tergesa-gesa dan memicu gelombang kritik keras."

Sementara Yotun menambahkan kekalahan dari Brasil di fase grup sangat sulit diterima, tapi dia percaya pertandingan final akan berbeda. Final melawan Brasil digelar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (7/7/2019) waktu lokal atau Senin dini hari WIB.

"Ini final, Anda harus memenangkan final dan kami akan berusaha dan bekerja keras dan mengangkat trofi Copa ini," ujarnya.

Peru kalah 12 dari 14 pertandingan sebelumnya melawan Cile tetapi telah membuat kemajuan nyata di bawah Gareca, yang membantu tim kembali ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah absen 36 tahun.

Kapten Guerrero mengatakan kinerja melawan juara Copa America 2015 dan 2016 menunjukkan kemampuan timnya. "Ketika tim ini mencoba menciptakan sesuatu, ketika fokus dan ketika benar-benar menginginkan sesuatu, itu menyelesaikan pekerjaan," ujarnya.

"Pertandingan ini selalu sulit dan diperjuangkan, tetapi kami lebih baik dari mereka dari awal hingga akhir."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1546 seconds (0.1#10.140)