alexametrics

Bantah Doping, Spong Sebut Ada Upaya Singkirkan Dia dari Duel vs Usyk

loading...
Bantah Doping, Spong Sebut Ada Upaya Singkirkan Dia dari Duel vs Usyk
Tyrone Spong membantah dirinya melakukan doping. Dia menyebut itu sebagai upaya menyingkirkan dirinya dari duel versus Oleksandr Usyk/Foto/boxingscene
A+ A-
CHICAGO - Tyrone Spong membantah dirinya melakukan doping. Petinju kelas berat berdarah Suriname itu justru terkejut pihak luar telah mengekspose dirinya positif menggunakan zat terlarang. Sponge menyebut itu sebagai upaya menyingkirkan dirinya dari duel versus Oleksandr Usyk.

Spong diduga positif menggunakan zat terlarang setelah sampel A dalam pengujian acak yang dilakukan Voluntary Anti-Doping Association (VADA), ditemukan zat terlarang, yang menurut laman BoxingScene.com, sampel 'A' Spong menunjukkan temuan Clomiphene.

Hal itu diperkuat Promotor Eddie Hearn mengungkapkan lewat media sosial. “Kami telah dihubungi VADA untuk memberi tahu kami bahwa ada temuan yang merugikan dalam tes Tyrone Spong,” kata Hearn. (Baca juga: Tyrone Spong Positif Doping, Duel vs Usyk Terancam Batal!).



Namun, Spong bersikeras dia tidak melakukan itu. "Ini mengada-ada," ujar Spong kepada BoxingScene.com. “Saya dengan keras menyangkal bahwa saya pernah menggunakan zat yang disebutkan dalam laporan VADA."

"Saya telah meminta pengujian sampel B di laboratorium yang saya pilih. Pengujian yang dilakukan pekan lalu atas permintaan Komisi Tinju Illinois menunjukkan, apa yang selalu saya ketahui, bahwa saya seorang petinju yang bersih."

Atas kegamangan situasi ini, Hearn telah menyiapkan lawan lain untuk Usyk. Kandidat potensial untuk mengisi kekosongan belum terungkap, meskipun ada desas-desus tentang setidaknya lima petinju kelas berat dalam antrean dan siap naik ring.

Spong menerima tantangan melawan Usyk (16-0, 12 KO) di Wintrust Arena, Chicago, Illinois, AS, Sabtu (12/10/2019) waktu lokal atau Minggu (13/10/2019) pagi WIB, setelah kemenangan terbarunya, menang KO di ronde kedua atas Jeyson Minda pada 31 Agustus di Merida, Meksiko.

Sebelum itu, Usyk peraih gelar Fighter of the Year 2018, direncanakan melakukan debut kelas berat melawan Takam pada 25 Mei, namun batal karena Usyk menderita robek bisep yang membuatnya istirahat selama delapan pekan.

Setelah sepenuhnya pulih, pertarungan dijadwal ulang melawan Takam. Tapi, kembali batal karena Takam mundur setelah menandatangani kontrak dengan Star Boxing dan ingin mengambil kariernya ke arah lain. Lalu, muncul nama Spong.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak