alexametrics

SEA Games 2019

Dahaga Medali Emas SEA Games Berlanjut di Cabang Sepak Bola

loading...
Dahaga Medali Emas SEA Games Berlanjut di Cabang Sepak Bola
Pemain Timnas U-22 Indonesia Sani Rizki berebut bola dengan pemain Vietnam Nguyen Trong Hoang pada pertandingan final sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.
A+ A-
MANILA - Timnas Indonesia U-23 gagal mempersembahkan medali emas dari cabang sepak bola putra. Kepastian itu didapat setelah mereka dikalahkan Vietnam di partai final.

Tampil di Stadion Rizal Memorial Stadium, Manila, skuat asuhan Indra Sjafri takluk di tangan Vietnam dengan skor 0-3. Kekalahan tersebut terasa menohok bagi tim sepak bola Indonesia. (Baca juga: Timnas Indonesia Dicukur Vietnam)

Pasalnya, masyarakat Indonesia sudah menunggu terlalu lama untuk menyaksikan cabang sepak bola menyumbang emas di SEA Games. Terakhir kali cabang tersebut menyumbang emas pada SEA Games 1991.



Selama 28 tahun, tim sepak bola Indonesia puasa menyumbang prestasi terbaik di ajang SEA Games. Sebelum ini, Skuat Garuda sebetulnya sudah tiga kali lolos ke final SEA Games, yakni pada 1997, 2011, dan 2013. Namun, selama tiga kesempatan itu Indonesia cuma bisa mempersembahkan medali perak.Jejak Timnas di Final Sepak Bola SEA Games
TahunPrestasi
1997Perak
2011Perak
2013Perak
2019Perak

Celakanya, di gelaran SEA Games 1997 dan 2011, Timnas Indonesia kalah di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Skuat Garuda kalah adu penalti di tangan Thailand pada SEA Games 1997 dan adu penalti saat melawan Malaysia di final SEA Games 2011.

Dengan kekalahan di final SEA Games 2019 di Filipina, Indonesia harus menunggu dua tahun lagi untuk mencoba meraih medali emas. SEA Games mendatang akan digelar pada 2021 di Hanoi, Vietnam.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak