Helikopter Kobe Bryant yang Jatuh Juga Dimiliki Donald Trump

Selasa, 28 Januari 2020 - 10:05 WIB
Helikopter Kobe Bryant yang Jatuh Juga Dimiliki Donald Trump
Helikopter Kobe Bryant yang Jatuh Juga Dimiliki Donald Trump
A A A
CALIFORNIA - Perusahaan Lockheed Martin, produsen helikopter Sikorsky S-76B, akan melakukan penyelidikan terkait kecelakaan yang menewaskan Kobe Bryant dan delapan penumpang lainnya. Mereka akan bekerjasama dengan NTSB untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Lockheed Martin mengumumkan akan membuka investigasi tentang jatuhnya helikopter Sikorsky di Calabasas, California, Minggu (26/1) waktu setempat, dimana tidak ada satu orang pun yang selamat, termasuk legenda LA Lakers tersebut.

Perusahaan yang memproduksi Sikorsky S-76B itu nantinya akan bertandem dengan Dewan Keamanan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) untuk mencari tahu mengapa helikopter itu sampai terjatuh dan terbakar.

“Kami turut berduka cita kepada semua yang terdampak atas jatuhnya (helikopter) Sikorsky S-76B di Calabasas, California. Kami telah menghubungi NTSB dan selalu siap sedia untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada pihak penyelidik dan para pelanggan,” jelas Lockheed Martin, dilansir marca.

Sikorsky S-76 merupakan helikopter berukuran medium yang diperuntukan bagi umum dan dibuat Sikorsky Aircraft Corporation. Tipe S-76 memiliki mesin turboshaft, empat blade utama dan rotor belakang, serta roda mendarat yang bisa ditarik masuk.

S-76 juga bertipe double cockpit atau bisa dikemudikan dua orang. Disebutkan helikopter ini bisa menampung maksimal 13 orang. Artinya, ketika kecelakaan itu terjadi, beban yang diangkut tidak melebihi batas atau over weight.

Pada awal pembuatannya, S-76 dirancang untuk penerbangan disekitar pantai dan industri gas. Kemudian sempat dikembangkan untuk keperluaan militer. Dan, belakangan menjadi pilihan transportasi para politisi dan selebriti di AS.

Ini karena S-76 dianggap sangat aman. Terbukti, Presiden AS Donald Trump dan keluarga kerajaan Inggris memilihnya. Bryant sendiri menjelaskan mengapa memilih helikopter untuk transportasi di LA agar menghindari kemacetan.

Meski demikian, baru diketahui pula kalau mendiang tidak memiliki helikopter sendiri atau pribadi. Dia lebih sering menyewanya.”Keamanan adalah prioritas utama kami. Jika ada penemuan penting saat penyelidikan, kami akan menyampaikannya kepada pelanggan S-76,” lanjut Lockheed Martin.

Meski dianggap aman, Helikopter berjenis S-76 tercatat pernah empat kali mengalami kecelakaan. Itu sebelum insiden Bryant. Dua diantaranya sangat fatal, yakni pada 2013 di Kanada yang menewaskan empat orang, dan pada 2017 di Turki yang memakan tujuh korban jiwa.
Helikopter Kobe Bryant yang Jatuh Juga Dimiliki Donald Trump
Helikopter yang kabarnya ditumpangi mendiang Kobe Bryant dan masuk dalam keluarga Tipe S-76.
Helikopter Kobe Bryant yang Jatuh Juga Dimiliki Donald Trump
Presiden AS Donald Trump juga diberitakan memilik helikopter yang masuk keluarga Tipe S-76Foto-foto: Dokumentasi
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0075 seconds (0.1#10.140)