UEFA Nation Leugue 2020/2021, Tim Unggulan Mulai Terganggu

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 11:35 WIB
loading...
A A A
“Pada akhirnya kami tidak bisa senang dengan hasilnya karena kami ingin memenangi grup ini, tapi penampilan melawan Italia memberi kami kepercayaan diri yang tinggi. Jika kami bisa bermain seperti ini, apa pun sistemnya, maka kami akan menyulitkan lawan mana pun,” ujar De Boer

Jika Italia tersendat, tim unggulan lainnya, Inggris, justru kalah 0-1 dari Denmark--eksekusi penalti Christian Eriksen (35). Itu merupakan kekalahan pertama The Three Lions di fase Grup A2. Di tiga pertandingan sebelumnya, Harry Kane dkk meraih dua kemenangan dan satu imbang. Konsekuensinya Inggris turun ke peringkat ketiga.

Persaingan semakin sulit, mereka sama-sama mengoleksi tujuh poin dengan Denmark dan tertinggal dua poin dari Belgia yang memuncaki klasemen sementara Grup A2. Sorotan diberikan pada kartu merah Harry Maguire (31).

Keluarnya Maguire membuat keseimbangan Inggris terganggu hingga Kyle Walker melanggar gelandang Denmark, Thomas Delaney, yang berujung penalti. Itu semakin memperpanjang kinerja buruk Maguire. Sejak peristiwa perkelahian yang membuatnya sempat dipenjara di Yunani saat liburan kompetisi beberapa waktu lalu, performa Maguire memang terus merosot. (Baca juga: Ombdusman Surati Kapolri, Minta Pendekatan Persuasif untuk Unjuk Rasa)

Dia juga dianggap sebagai salah satu faktor penyebab jebloknya Manchester United (MU), terutama saat kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur (4/10). Banyak yang menganggap Maguire mengalami masalah psikologis sehingga membutuhkan rehat dari pertandingan. Namun, Pelatih Gareth Southgate mengatakan mantan bek Leicester City tersebut adalah pribadi yang kuat dan selalu ingin tampil di lapangan sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Southgate tidak terlalu memusingkan kekalahan pertama Inggris dalam 12 bulan terakhir. Dia justru memfokus pada kartu merah Maguire dan Reece James (90+4). Itu merupakan pertama kalinya dalam sejarah, dua pemain Inggris mendapatkan kartu merah dalam satu pertandingan.

Southgate meminta para pemainnya untuk belajar menjaga emosional. Dia menilai jika itu terjadi di turnamen penting seperti Piala Eropa tahun depan, maka Inggris bakal kesulitan, dan bahkan bisa tersingkir lebih cepat. Pelatih berusia 50 tahun tersebut menilai kemampuan teknis tidak akan lengkap tanpa memiliki kemampuan menjaga emosional.

Perbaikan bakal dilakukan Southgate, sebelum bersua Belgia pada lanjutan Nations League, 16 November mendatang. “Pertanyaan mengenai disiplin adalah pertanyaan jelas yang akan kami tanyakan karena kami telah menempatkan diri kami pada posisi yang tidak perlu di luar lapangan. Kami harus belajar darinya karena secara historis, jika bermain 10 orang dalam sebuah turnamen, Anda tersingkir,” kata Southgate. (Lihat videonya: Satukan Tekad untuk Memenangkan Perang Melawan Covid-19)

Hasil berbeda diraih unggulan Grup A3, Portugal dan Prancis. Keduanya tetap tancap gas. Portugal yang tanpa Cristiano Ronaldo (CR7) menang 3-0 atas Swedia, Kamis (15/10). Tiga gol A Selecao das Quinas masing-masing disumbangkan Bernardo Silva (21) dan Diogo Jota (44,72). Adapun Prancis mengalahkan Kroasia 2-1 melalui dua gol Antoine Griezmann (8) dan Kylian Mbappe (79). Portugal dan Prancis kini sama-sama mengoleksi 10 poin. (Alimansyah)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)